Pemkab Klaten Sosialisasikan Pemutakhiran Basis Data keluarga Indonesia Tahun 2016

politik & pemerintahan

pemutahiran-data-2fokusKLATEN.net – Rabu (31/08) di ruang rapat B2 Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Klaten diselenggarakan acara Sosialisasi Pemutakhiran Basis Data Keluarga Indonesia (PBDKI) kabupaten Klaten tahun 2016. Kegiatan diikuti 90 peserta dari camat TP.PKK kecamatan, koordinator KB dan lain-lain itu, dibuka Asisten Administrasi Setda Haji Sri Winoto mewakili bupati, disaksikan kepala Perwakilan BKKBN Propinsi Jateng Mustar.

Kasi Pengendalian Keluarga Sejahtera Kantor PP dan KB Klaten Sriyono mengatakan, tujuan pendataan keluarga untuk memperoleh data basis keluarga yang dapat memberikan gambaran secara tepat dan menyeluruh terkait pelaksanaan program keluarga berencana nasional(KBN) untuk kepentingan operasional langsung, penetapan kebijakan, perencanaan dan pengendalian dan pengelolaan di semua tingkatan. “ Sosialisasi diikuti 90 peserta ini akan menampilkan nara sumber Doktor Iswan Riyadi ( dosen Unwidha Klaten ) mengunggah judul Kebijakan Dampak Kependudukan Kabupaten Klaten. “ ujarnya.

Lebih lanjut Sriyono mengatakan, hasil pendataan keluarga tahun 2015 di Klaten adalah sebagai berikut: jumlah rumah tangga sebanyak 326.627 dengan 385.960 Kepala keluarga meliputi 1.261.968 jiwa. Dari angka tersebut diketahui jumlah Pasangan Usia Subur (PUS) sebanyak 200.346 pasangan, PUS hamil sebanyak 6.783 dan PUS unmetneed sebanyak 27.867 pasangan. “Kepala Keluarga yang data basenya sudah masuk online tingkat Jawa tengah sebanyak 97 prosen dari jumlah yang ada, sisanya sebanyak 3 prosen diharapkan basis datanya dapat masuk pada pemutakhiran data yang dilaksanakan” jelasnya.

Kepala Kantor Perwakilan Keluarga Berencana Propinsi Jawa Tengah, Mustar mengatakan, keberhasilan pendataan keluarga berencana di Klaten berkat kerja sama dan kerja giat pihak terkait. Karena daerah tersebut memiliki petugas penyuluh keluarga berencana sebanyak 63 orang, Paguyuban Keluarga Berencana 67, PPKBD 401, Sub PPKBD 3.678 serta kelompok KB sebanyak 9.222 buah.

Bupati Klaten Hajah Sri Hartini dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Administrasi Setda mengatakan, Pendataan keluarga yang dilaksanakan sejak tahun 1994 hingga tahun 2016 sudah dilaksanakan lebih dari 20 kali. Dari kegiatan tersebut, tiga kali diantaranya ( tahun 2001 sampai 2004 ) dilaksanakan dengan cara pemutakhiran data, untuk melengkapi data lain yang telah ada di tingkat RT/RW/Dusun atau wilayah lain.

Menurut Bupati,melihat substansi yang sangat penting diharapkan kegiatan pendataan keluarga tahun 2016 yang dilaksanakan sejak tanggal 1 Agustus hingga 30 September 2016 dapat berjalan lancar, sukses dan bermanfaat. Secara khusus saya perintahkan pada camat untuk dapat melaksanakan pendataan dengan sebaik-baiknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *