Sosialisasi Administrasi Kependudukan Untuk Tertib Administrasi

politik & pemerintahan

sosialisasi-administrasi-kependudukan-untuk-tertib-administrasi-2focusKLATEN.net – Rabu (14/09) di gedung pendapa Pemerintah Kabupaten Klaten diselenggarakan acara Sosialisasi Administrasi Kependudukan Tahun 2016. Kegiatan sehari diikuti oleh 500 peserta itu secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Hajah Sri Mulyani mewakili bupati. Kepala Bidang Kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Klaten Mulyani selaku ketua panitia penyelenggara mengatakan, maksud dan tujuan sosialisasi untuk menginformasikan pentingnya dokumen kependudukan pada masyarakat dalam mewujudkan tertib administrasi kependudukan. Disamping itu juga untuk memenuhi target nasional sebesar 77,5 % pada tahun 2016 cakupan kepemilikan akta kelahiran penduduk berusia hingga 18 tahun.

Tujuan lain, kata Mulyani lebih lanjut, untuk mendorong masyarakat wajib Kartu Tanda Penduduk  Elektronik segera melaksanakan perekaman data pembuatan KTP E. Karena hingga saat ini masih terdapat sekitar 83.403 jiwa warga Klaten yang belum melakukan perekaman, yang digunakan untuk mewujudkan tertib administrasi kependudukan. Hubungannya dengan peserta sosialisasi, Mulyani mengatakan, kegiatan sehari ini diikuti oleh sekitar 500 peserta, dengan rincian 401 orang Perangkat desa, 26 Kepala Seksi Tata Pemerintahan kecamatan, 7 orang pengurus organisasi wanita dan 66 orang bidan dari Klinik Bersalin, Poliklinik dan rumah sakit di Klaten.

Bupati Klaten Hajah Sri Hartini dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati Hajah Sri Mulyani mengatakan, sosialisasi Administrasi Kependudukan merupakan momentum yang cukup penting mengingat belum tercapainya tertib administrasi yang diinginkan, akibat belum meratanya pemahaman masyarakat akan pentingnya dokumen kependudukan. Pencapaian ke arah ini memang tidak mudah, maka melalui upaya tersebut diharapkan semakin memperkuat pemerintah dalam memberikan perlindungan dan pengakuan terhadap status pribadi dan hukum setiap peristiwa kependudukan dan peristiwa penting lainnya.

Menurut bupati, program percepatan kepemilikan akta kelahiran merupakan salah satu program yang terus digencarkan dalam mendorong tercapainya tertib administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Program tersebut untuk terus digelorakan kerana bisa meningkatkan kesadaran masyarakat yang belum mengerti pentingnya administrasi kependudukan. ” Peserta sosialisasi diharapkan mau memanfaatkan forum ini untuk pegangan menyampaikan informasi pada masyarakat lingkungannya ” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *