Home > ekonomi & pembangunan > RSPD Klaten Terbaik Se Jateng, Pertahankan Seni Budaya Kearifan Lokal

RSPD Klaten Terbaik Se Jateng, Pertahankan Seni Budaya Kearifan Lokal

 Rombongan Komisi A DPRD Jateng dan KPID Jateng foto bersama dengan Kabag Humas Klaten H Wahyudi Martono SSos MM saat kunjungan kerja di RSPD Klaten, Kamis (19/12/2016).

Rombongan Komisi A DPRD Jateng dan KPID Jateng foto bersama dengan Kabag Humas Klaten H Wahyudi Martono SSos MM saat kunjungan kerja di RSPD Klaten, Kamis (19/12/2016).

 Rombongan Komisi A DPRD Jateng dan KPID Jateng berlatih seni karawitan dengan gamelan baru di RSPD Klaten.

Rombongan Komisi A DPRD Jateng dan KPID Jateng berlatih seni karawitan dengan gamelan baru di RSPD Klaten.

 Kabag Humas Klaten H Wahyudi Martono SSos MM memberikan sambutan pada kunjungan kerja Komisi A DPRD Jateng dan KPID Jateng di RSPD Klaten.

Kabag Humas Klaten H Wahyudi Martono SSos MM memberikan sambutan pada kunjungan kerja Komisi A DPRD Jateng dan KPID Jateng di RSPD Klaten.

 Ketua KPID Jateng Budi Setyo Purnomo SSos MIKom memainkan alat gamelan di RSPD Klaten.

Ketua KPID Jateng Budi Setyo Purnomo SSos MIKom memainkan alat gamelan di RSPD Klaten.

focusKLATEN.net-Radio Siaran Publik Daerah (RSPD) Kabupaten Klaten dinilai oleh Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah sebagai radio publik terbaik se Jawa Tengah dalam mempertahankan seni budaya sebagai kearifan lokal. Pasalnya, hampir semua seni budaya tradisional hampir semua mendapat tempat di RSPD Klaten untuk disiarkan secara langsung.

Penilaian tersebut disampaikan Ketua Komisi A DPRD Jateng, H Masruhan Samsurie saat bersama Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jateng mengadakan kunjungan kerja di RSPD Klaten, Senin siang (19/12/2016). Rombongan Komisi A DPRD Jateng dipimpin Ketua Komisi A DPRD Jateng, H Masruhan Samsurie didampingi beberapa anggota antara lain H Benny Karnady SAg, Ayuning SS Bbus MIB-MA, Jasiman Lc, Amir Darmanto dan Anisa Devy Ika Natalia SS serta sejumlah anggota Komisi A dan staf Sekretariat DPRD Jateng.

Sementara itu dari KPID Jateng tampak hadir Ketua KPID Jateng Budi Setyo Purnomo SSos MIKom dan Asep Cuwantoro SPd I MPd dan staf Sekretariat KPID Jateng. Rombongan diterima Kabag Humas Pemkab Klaten H Wahyudi Martono SSos MM dan Kepala Studio RSPD Klaten H Moch Isnaeni serta sejumlah staf RSPD Klaten.

Lebih lanjut Ketua Komisi A DPRD Jateng, H Masruhan Samsurie menyatakan, Komisi A DPRD  Jateng mengapresiasi RSPD Klaten yang melestarikan seni budaya tradidional seperti wayang kulit, ketoprak, karawitan, laras madyo, keroncong, campursari dan seni tradisional lainnya dengan disiarkan secara langsung. Misalnya pentas wayang kulit langsung setiap Malam Selasa Kliwon, ketoprak setiap malam Jumat Legi, pentas seni karawitan sebulan sekali dan pentas laras madyo sebulan sekali.

Dengan pentas di RSPD Klaten, kata H Masruhan Samsurie, maka seni tradisional di Klaten tetap hidup dan se Jawa Tengah baru ditemui di RSPD Klaten yang mampu mengelar pentas wayang kulit setiap Malam Selasa Kliwon dan pentas ketoprak sebulan sekali. Untuk itu Komisi A DPRD Jateng mengharapkan agar RSPD Klaten tetap mempertahankan RSPD Klaten yang menyiarkan seni tradisional secara langsung.

Sementara itu Ketua KPID Jateng Budi Setyo Purnomo SSos MIKom pada kesempatan tersebut mengapresiasi RSPD Klaten yang saat ini telah memiliki gamelan baru yang diberi nama Gamelan Merah Jenar. Keberadaan gamelan tersebut diharapkan menambah daya dukung RSPD Klaten dalam melestarikan seni budaya tradisional di Kabupaten Klaten sehingga seni tradisional tetap berkembang selama-lamanya.

Sementara itu Kepala RSPD Klaten H Moch Isnaeni mengatakan, RSPD KLaten mulai mengudara   pada  25 Januari 1968 dalam rangka melengkapi sarana komunikasi sosial antara rakyat dengan pemerintah, disamping sebagai alat pendidikan, hiburan dan penerangan.  Kemudian Bupati Klaten melalui Surat Keputusan Nomor Sekr/SK/KDN/307/74 tertanggal 29 Agustus 1974 telah menetapkan Mendirikan Radio Siaran Pemerintah daerah dengan nama RSPD Kabupaten Klaten terhitung mulai tanggal  1 April 1974.

Pada kesempatan tersebut, Kabag Humas Klaten H Wahyudi Martono SSos MM menyatakan, seiring dengan diberlakukannya Undang-Undang (UU) Nomor 32 Tahun 2002 Tentang Penyiaran, maka RSPD Klaten harus menyesuaikan  untuk menjadikan Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) menjadi Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL).

Untuk menjadi radio publik, kata H Wahyudi Martono, RSPD Klaten telah memiliki dasar yakni Perda Nomor 6 Tahun 2012 Tentang Pendirian Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio Publik Tertanggal 4 April 2012. RSPD Klaten telah memiliki Izin Stasiun Radio (ISR) dari  Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Nomor: 01624237-000SU/2020132014 Tanggal Terbit 13 Juni 2016 dan berlaku hingga 12 Juni 2017 dengan Frekwensi 91,60 MHz dengan radius maksimum 12 kilometer dari Pusat Kota Klaten. Kunjungan kerja Komisi A DPRD Jateng dan KPID Jateng di RSPD Klaten dimulai pukul 13.00 WIB dan berakhir pukul 15.00 WIB. (idi)

Baca Juga :

2 Responses

Leave a Reply