Home > ekonomi & pembangunan > Polres Klaten Ikuti Video Conference dengan Satgas Saber Pungli Pusat

Polres Klaten Ikuti Video Conference dengan Satgas Saber Pungli Pusat

Jajaran pejabat Polres Klaten dan tamu undangan saat mengikuti video conference dengan Satgas Saber Pungli Pusat.

Kapolres Klaten AKBP Muhammad Darwis dan Asisten II Sekda Klaten Drs Slamet Widodo mengikuti video conference dengan Satgas Saber Pungli Pusat di Mapolres Klaten, Selasa (17/1/2017).

Kapolres Klaten AKBP Muhammad Darwis bersama tamu undangan saat mengikuti video conference dengan Satgas Saber Pungli Pusat.

fokusKLATEN.net-Kapolres Klaten AKBP Muhammad Darwis beserta jajarannya, Selasa, 17 Februari 2017 pukul 13.00 WIB sampai pukul 15.30 WIB mengikuti video conference dengan Ketua Pelaksana Satuan Tugas Sabu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Pusat, Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Dwi Priyatno di Markas Polres Klaten. Dalam tugas sehari-hari Komjen Pol Dwi Priyatno juga menjabat sebagai Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Mabes Polri.

Turut mendampingi Kapolres Klaten AKBP Muhammad Darwis pada video conference tersebut adalah jajaran pejabat di lingkungan Polres Klaten. Kemudian juga dihadiri Pelaksana Tugas (PLT) Bupati Klaten yang diwakili Asisten II Sekda Klaten Drs Slamet Widodo, Kabag Humas Klaten H Wahyudi Martono SSos MM dan jajaran pejabat dari Bagian Hukum Pemkab Klaten dan perwakilan TNI Kodim 0723 Klaten.

Pada pembukaan vedeo conference, Kapolres Klaten AKBP Muhammad Darwis beserta tamu undangan lainnya mendengarkan paparan tugas dan fungsi Satgas Saber Pungli oleh Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Pusat Komjen Pol Dwi Priyatno dan jajaran Satgas Saber Pungli Pusat lainnya. Komjen Pol Dwi Priyatno menyatakan,  Satgas Saber Pungli   terbuka untuk menerima masukan masyarakat yakni   yang mencari berbagai tempat terjadinya pungli itu tidak hanya petugas satgas, tetapi masyarakat diminta untuk ikut aktif melaporkan langsung.

Menurut  Komjen Pol Dwi Priyatno, untuk memudahkan peran masyarakat ada tiga saluran bagi pelapor atau pengadu ketika mendapati pungli. Pertama, melalui aplikasi internet di saberpungli.id.  Cara kedua diperuntukkan bagi masyarakat yang awam dengan internet yakni dengan mengirimkan SMS ke nomor 1193. Dan cara yang ketiga adalah menelepon ke nomor 193 yang akan terhubung dengan operator-operator satgas.

Untuk mendukung suksesnya tugas Satgas Saber Pungli, kata   Komjen Pol Dwi Priyatno, masyarakat diberikan kemudahan yang luar biasa untuk ikut serta dalam menyukseskan operasi sapu bersih pungutan liar ini.   Peran serta masyarakat  sangat dibutuhkan dalam tugas Satgas Saber Pungli dan Satgas Saber Pungli menjamin identitas pelapor dirahasiakan sehingga jangan sampai masyarakat ragu-ragu untuk mengadu karena kekhawatiran identitasnya disebarluaskan.

Satgas Saber Pungli dibentuk pada 20 Oktober 2016  melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar yang selanjutnya disebut Satgas Saber Pungli. Sampai Februari 2017 Satgas Saber Pungli telah melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) 81 kasus pungli di seluruh Indonesia.

Usai mengikuti vedeo conference, Kapolres Klaten AKBP Muhammad Darwis mengatakan, Satgas Saber Pungli Klaten agar mulai melaksanakan kegiatan dengan inventarisasi pelayanan publik di Klaten yang diduga terjadi pungli. Peran serta masyarakat juga sangat diharapkan dalam mendukung tugas-tugas Satgas Saber Pungli sehingga di Klaten bersih dari pungli. (oke)

Baca Juga :

Leave a Reply