Andaikan Apem Jatinom Setenar Air Zam-Zam

sosial & budaya

Klaten (23/01/17) – Orang Klaten pasti mengenal apem Jatinom. Makanan khas kreasi olahan warga Jatinom yang terkenal empuk, gurik dan manis itu sangat melimpah saat perayaan tradisional yaaqowiyu yang digelar  setiap bulan Sapar. Tapi diluar bulan itu, apem Jatinom sulit ditemukan.  Obyek wisata makam Ki Ageng Gribig sebagai maskot wisata Jatinom pun dinilai belum mampu mengangkat pamor apem Jatinom sebagai oleh-oleh wisata bagi setiap masyarakat yang berkunjung.

Murtaqie Lurah kelurahan Jatinom mengatakan sebenarnya apem Jatinom bisa menjadi oleh – oleh wisata bagi peziarah yang berkunjung ke makam Ki Ageng Gribig. Seperti orang muslim yang menunaikan ibadah haji atau umroh maka tak afdol tanpa air zam-zam. Maka seharusnya peziarah makam Ki ageng Gribig juga tak afdol tanpa membawa pulang apem Jatinom sebagai buah tangan. Saya berharap pemerintah memberi perhatian dan mendorong agar keberadaan obyek wisata makam Ki Ageng Gribig dan apem Jatinom bisa menjadi menu wajib pengunjung sehingga makanan ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.  Mutaqie juga berharap apem Jatinom bisa menjadi hidangan wajib sajian tamu di lingkungan Pemkab Klaten.  Kalau didukung oleh semua pihak, apem Jatinom bisa setenar air zam-zam kata Murtaqie saat mendampingi tim Focus Net mengunjungi makam ulama penyebar agama islam yang juga dikenal dengan sebutan Syeih Wasihatno keturunan Brawijaya V raja terakhir kerajaan Majapahit.

Siang itu makam Ki Ageng Gribig memang tampak sepi.  Hanya terlihat seorang petugas juru kunci yang berjaga bergilir 24 jam melayani pengunjung yang ingin berziarah. Almari etalase yang berada di pintu masuk gapura makam juga terlihat kosong.  Tidak terlihat masyarakat yang menjajakan hasil produk lokal atau menjual apem Jatinom. Tidak bermaksud syirik, apem Jatinom yang terkenal empuk, manis dan gurih itu bisa dikemas menjadi oleh khas masyarakat setiap berkunjung ke Jatinom walaupun belum setenar air zam-zam.  (JP75).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *