Home > ekonomi & pembangunan > Ciptakan Kamtibmas Kondusif, Polres Klaten Gelar Apel Besar 4 Pilar

Ciptakan Kamtibmas Kondusif, Polres Klaten Gelar Apel Besar 4 Pilar

Plt Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dan Kapolres Klaten AKBP Muhammad Darwis serta para pejabat menghadiri apel besar empat pilar komponen masyarakat di Alun-alun Klaten, Kamis (9/2/2017).

Peserta apel besar empat pilar komponen masyarakat siap wujudkan Klaten yang kondusif.

Plt Bupati Klaten Hj Sri Mulyani diapit Ketua MUI Drs H Hartoyo dan Ketua FKUB Drs H Syamsuddin Asrofi MHum memberikan sambutan pada apel besar empat pilar komponen masyarakat di Alun-alun Klaten, Kamis (9/2/2017).

Kapolres Klaten AKBP Muhammad Darwis memberikan keterangan pers usai memimpin apel besar empat pilar komponen masyarakat.

focusKLATEN.net-Dalam rangka menciptakan keamanan dan  ketertiban masyarakat (kamtibmas) Kabupaten Klaten yang kondusif, Polres Klaten, Kamis pagi (9/2/2017) menggelar apel besar empat pilar komponen masyarakat di Alun-alun Klaten. Empat pilar yang mengikuti apel besar tersebut masing-masing Babinkamtibmas, Babinsa, kepala desa dan tokoh agama (toga) maupun tokoh masyarakat (tomas).

Bertindak selaku inspektur apel Kapolres Klaten AKBP Muhammad Darwis. Peserta apel empat pilar juga didukung beberapa komponen antara lain TNI/Polri, organisasi kemasyarakatan, organisasi perangkat daerah (OPD) seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dai Kamtibmas Polres Klaten, serta jajaran pelajar dan mahasiswa.

Tampak hadir para tamu kehormatan antara lain Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, Kepala Kejaksaan Negeri Klaten Zuhandi SH MH, Kepala Pengadilan Negeri Kelas 1 B Klaten H Hisbullah Idris, SH, MHum serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Klaten. Apel besar empat pilar komponen masyarakat Klaten dimeriahkan dengan paduan suara dari SMAN 3 Klaten pimpinan Kepala SMAN 3 Klaten Suharja SPd MSi.

Pada apel besar tersebut para peserta mendapatkan pencerahan tentang kamtibmas, kerukunan umat beragama, menjaga toleransi serta empat pilar kebangsaan dari Plt Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Klaten Drs Hartoyo dan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Klaten Drs H Syamsuddin Asrofi MHum. Kemudian juga mendapatkan pengarahan langsung dari Kapolres Klaten AKBP Muhammad Darwis tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan.

Plt Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam pidatonya mengatakan, Bangsa Indonesia didirikan dengan pengorbanan jiwa dan rasa para pahlawan yang puncaknya tercapainya Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945. Bangsa Indonesia didirikan oleh seluruh komponen bangsa yang berbeda-beda latar belakang budayanya, berbeda agamanya, berbeda suku bangsanya, namun semua bisa menjadi satu dan bulat demi kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Maka dari itu sekarang ini, harap Plt Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, semua komponen bangsa harus bersatu padu dengan menghilangkan sikap perbedaan, namun yang dikedepankan adalah persamaan sebagai Bangsa Indonesia. Sebagai generasi muda penerus bangsa maka seluruh rakyat Kabupaten Klaten harus menjaga empat pilar Bangsa Indonesia masing-masing Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sementara itu Ketua  MUI Klaten Drs Hartoyo dan Ketua  FKUB  Klaten Drs H Syamsuddin Asrofi MHum dalam ceramahnya sama-sama mengajak masyarakat Kabupaten Klaten untuk menjaga rasa persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat. Selain itu agar masyarakat tetap memelihara budaya gotong royong yang menjadi roh dari Pancasila karena masyarakat Bangsa Indonesia selama ini dikenal dengan budaya gotong royong, tolong menolong dan saling membantu.

Tentang empat pilar kebangsaan, tegas Drs Hartoyo dan Drs H Syamsuddin Asrofi MHum, bahwa empat pilar berbangsa dan bernegara yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan  NKRI sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi sehingga harus dipertahankan sampai titik darah penghabisan. Maka dari itu agar seluruh masyarakat Klaten dapat mengimplementasikan nilai-nilai empat pilar kebangsaan itu dalam kehidupan sehari-hari demi terwujudnya ketentraman dan kedamaian seluruh masyarakat.

Sementara itu Kapolres Klaten AKBP Muhammad Darwis dalam orasinya mengatakan, empat pilar komponen masyarakat yakni Babinkamtibmas, Babinsa, kepala desa dan tokoh agama   maupun tokoh masyarakat benar-benar mampu menjadi contoh serta suri teladan masyarakat dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan. Diharapkan  Babinkamtibmas, Babinsa, kepala desa dan tokoh agama   maupun tokoh masyarakat agar mampu menjadi perekat dari perbedaan dan menjadi pemupuk jiwa toleransi dalam rangka mewujudkan kamtibmas di wilayah Kabupaten Klaten yang kondusif.

Acara apel besar empat pilar komponen masyarakat Klaten yang diprakarsai Kapolres Klaten AKBP Muhammad Darwis dimulai pukul 08.30 sampai pukul 09.30 WIB. (Paidi)

 

Baca Juga :

Leave a Reply