Home > hukum & kriminal > Dinas Arsip dan Perpustakaan Pinjamkan 200 Buku ke LP Klaten

Dinas Arsip dan Perpustakaan Pinjamkan 200 Buku ke LP Klaten

Plt Bupati Klaten Hj Sri Mulyani didampingi Sekda H Jaka Sawaldi MM dan Plt Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klaten H Sri Winoto SH menyerahkan buku kepada Kepala LP Klaten Budi Priyanto untuk koleksi Perpustakaan LP Klaten di LP Klaten, Kamis (9/2/2017).

Plt Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klaten H Sri Winoto SH bersama Plt Bupati Klaten Hj Sri Mulyani didampingi Sekda H Jaka Sawaldi MM serta Kepala LP Klaten Budi Priyanto memberikan keterangan pers usai penyerahan buku.

focusKLATEN.net-Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klaten, Kamis (9/2/2017) meminjamkan sebanyak 200 buku untuk koleksi Lembaga Pemasyarakatan (LP) Klaten yang berlokasi di Jalan Pemuda Nomor 206 Klaten. Ratusan buku Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klaten yang dipinjamkan ke LP Klaten diserahkan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Klaten Hj Sri Mulyani didampingi Plt Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klaten H Sri Winoto SH yang diterima Kepala LP Klaten Budi Priyanto.

Kepada pers usai penyerahan buku, Plt Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, berharap warga binaan di LP Klaten bisa menambah ilmu dan wawasanya dengan cara membaca buku-buku di perpustakaan tersebut.  Meskipun dalam tahanan, mereka juga perlu diberikan kesempatan untuk belajar, sehingga Pemkab Klaten melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan siap membantu meminjami buku-buku sebagai   bahan  bacaanya.

Kepala LP Klaten Budi Priyanto mengatakan,  koleksi Perpustakaan LP Klaten kini bertambah 200 judul buku, sehingga total koleksi mencapai 3.200 judul buku. LP Klaten mengucapkan terimakasih kepada Plt Bupati Klaten dan Dinas Arsip dan Perpustakaan yang memberikan pinjaman  200 judul buku sehingga warga binaan semakin banyak pilihan dalam membaca buku-buku di Perpustakaan LP Klaten.

Menurut Kepala LP Klaten Budi Priyanto,   penambahan 200 judul buku di   Perpustakaan LP Klaten sebagai upaya  upaya untuk membuat warga binaan  semangat, sehingga perlu ada judul-judul buku yang menarik. Budi Priyanto menilai buku-buku yang ada di perpustakaan tersebut telah memenuhi syarat pendidikan, keagamaan, hiburan, dan lainya.

 

Menyinggung minat baca warga binaan LP Klaten, menurut Budi Prayitno, seperti halnya warga umum minat baca warga binaan belum begitu tinggi. Buku yang paling  diminati adalah buku-buku cerita humor, yang tidak terlalu menyita pemikiran. Para penghuni LP Klaten   rata-rata berpendidikan SMA ke bawah.

Kepala LP Klaten Budi Priyanto menjelaskan, penghuni LP Klaten terbanyak dari kasus narkoba, disusul kasus asusila, pencurian, perampokan, perjudian, penggelapan, dan lain-lain. Jumah penghuni  LP  Klaten  sebanyak 306 orang, terdiri napi 243 orang dan tahanan 63 orang. Sedangkan kapasitas LP Klaten  hanya 143 orang.

Sedangkan Plt Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten, H Sri Winoto mengatakan,   bantuan pinjaman buku tersebut untuk ikut mendukung pembinaan dan peningkatan minat baca bagi warga binaan di LP Klaten.   Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten menyediakan bahan-bahan bacaan yang bisa dimanfaatkan. Untuk tahap awal dipinjamkan sebanyak 200 judul buku. Setelah buku-buku itu selesai dibaca, nanti akan diganti judul yang lain. (Paidi)

 

Baca Juga :

Leave a Reply