Program Perpuseru Kini Merambah Desa

pendidikan

Focusklaten.net (10/03/17) – Geliat mendorong kebiasaan gemar membaca bagi masyarakat kian nyata dilakukan pemerintah. Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpus)  Klaten bekerja sama dengan Coca Cola Fondation menggulirkan Program Perpustakaan Seru alias Perpuseru yang kini merambah ke desa. Tiga desa rintisan di Kabupaten Klaten mendapatkan bantuan masing masing tiga unit komputer berikut aplikasi dan internet guna meningkatkan kualitas layanan ruang baca di setiap kantor pemerintah desa setempat. Penyerahan simbolik dilakukan Plt Bupati Klaten Sri Mulyani kepada tiga desa perwakilan bertempat di Aula Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten (Kamis,9/3/17).

Sri Winoto selaku Plt Kepala Dinas Arpus Klaten kepada Tim Focusklaten.net mengatakan tiga desa rintisan penerima bantuan adalah Desa Sapen, Manisrenggo, Desa Nglinggi, Klaten Selatan dan Desa Majegan, Tulung. Selain masing-masing desa menerima bantuan tiga unit komputer, Sri Winoto menambahkan bantuan juga berupa aplikasi untuk pelayanan perpustakaan desa. Sri Winoto sekaligus Asisten Administrasi Setda Klaten berpesan komputer ini tidak digunakan untuk mengerjakan administrasi Dana Desa karena beda peruntukannya.

Dasa Susila perwakilan Coca Cola Fondation wilayah Klaten kepada Tim Focusklaten.net menjelaskan perpustakaan tidak selalu diartikan sebagai ruang baca. Program Perpuseru itu memberi nilai tambah layanan perpustakan. Selain sebagai sarana membaca kata Dasa Susila, perpustakaan juga sumber aktivitas sosial atau pembelajaran seperti diskusi, praktek belajar, menggambar dan mewarnai bagi anak bahkan memasarkan usaha dengan layanan internet melalui program bantuan komputer berfasilitas internet.

Di sisi lain Plt Bupati Klaten Sri Mulyani berharap kerjasama antara Pemkab Klaten dan Coca Cola Fondation dapat diteruskan sampai purna hingga 2021 nanti. Plt Bupati juga berpesan agar masyarakat menggunakan internet secara positif. Masyarakat jangan sekedar iseng-iseng menggunakan internet tanpa maksud dan tujuan yang jelas. Plt Bupati Klaten  mengapresiasi perhatian  Coca Cola Fondation untuk meningkatkan kegemaran membaca di kalangan masyarakat Klaten, khususnya di desa penerima (JP75).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *