Home > ekonomi & pembangunan > Forum Relawan Siaga Bencana “t1MER 9” Gantiwarno Dikukuhkan

Forum Relawan Siaga Bencana “t1MER 9” Gantiwarno Dikukuhkan

Kabid Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kabupaten Klaten, Budi Prasetyo SSos foto bersama dengan pengurus dan anggota t1MER 9.

Camat Gantiwarno Hari Purnomo SIP MSi didampingi Muspika Gantiwarno mengukuhkan t1MER 9.

Camat Gantiwarno Hari Purnomo SIP MSi saat mengukuhkan t1MER 9 di Pendopo Kecamatan Gantiwarno.

Muspika Gantiwarno foto bersama Forum Relawan Siaga Bencana Kecamatan Gantiwarno Team Emergency & Rescue Gantiwarno (t1MER 9) usai pengukuhan yang dilakukan Camat Gantiwarno Hari Purnomo SIP MSi di Pendopo Kecamatan Gantiwarno, Kamis (9/3/2017).

focusKLATEN.net – Forum relawan siaga bencana  Kecamatan Gantiwarno yang diberi nama Team Emergency & Rescue Gantiwarno  (t1MER 9), Kamis (9/3/2017) dikukuhkan oleh Camat Gantiwarno Hari Purnomo SIP MSi di Pendopo Kecamatan Gantiwarno.  t1MER 9 beranggotakan perwakilan relawan dari 16 desa se Kecamatan Gantiwarno sebagai wadah para relawan siaga bencana di Gantiwarno.

Acara pengukuhan forum relawan siaga bencana  Kecamatan Gantiwarno  t1MER 9 selain dihadiri Camat Gantiwarno Hari Purnomo SIP MSi, juga dihadiri Kapolsek Gantiwarno AKP Barozi SH MH, Danramil 10 Gantiwarno Kapten Inf Sagiman. Kemudian juga dihadiri Kepala Bidang (Kabid) Kesiapsiagaan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten, Budi Prasetyo SSos.

Koordinator t1MER 9 yang juga Kasi Ketentraman dan Ketertiban (Trantib) Kecamatan Gantiwarno, Kuncoro ST MSi dalam laporannya mengatakan, pengurus forum relawan siaga bencana  Kecamatan Gantiwarno  t1MER 9 masing-masing Dewan Penasehat adalah Camat Gantiwarno, Kapolsek Gantiwarno dan Danramil 10 Gantiwarno. Koordinator 1 Kasi Trantib Kecamatan Gantiwarno dan Kordinator 2 Kuwat “IJO” dari Towangsan, Sekretaris Windy Widya Pangestika (Baturan) dan Bendahara Purwanto (Muruh).

Kemudian seksi humas dan komunikasi: Marito (Katekan), Sulur (Kragilan) dan Paidi (Gesikan), Seksi peningkatan kapasitas dan mobilitas relawan: Untung Sutarno SPd (UPTD Pendidikan), Is Hariyadi Purnomo SH (Gesikan). Selanjutnya seksi kedaruratan dan logistik: Kepala Puskesmas Gantiwarno dr Andi Markoco, Syaifudin Zufri (Katekan), Agus Haryadi (Ngandong) dan Sukirno (Karangturi).

Kuncoro mengatakan, forum relawan siaga bencana  Kecamatan Gantiwarno  t1MER 9 selain dilengkapi pengurus juga didukung anggota relawan dari 16 desa se Gantiwarno dan setiap desa dua orang relawan yang juga sekaligus ikut dikukuhkan. Para relawan dari 16 desa se Gantiwarno masing-masing dari Desa Gentan (Sumarno dan Slamet), Karangturi (Heri Widodo, Sukirno), Jogoprayan (Suratno, Siswanto), Kragilan (Sawiji, Sulur), Ngandong (Suwandi, Agus Haryadi), Sawit (Sugiyono dan Marwan). Selanjutnya Desa Katekan (Marito, Syaifudin Zufri), Kerten (Slamet, Sumbono), Muruh (Purwanto, Agung Widodo), Mutihan (Deni Prasetyo, Sunarsa), Baturan (Sukarni, Windy Widya Pangestika), Mlese (Lutfi Agung Setiawan, Sulamto), Ceporan (Suwanta, Sarana), Towangsan (Eka Nanik Cahyani, Kuwat), Jabung (Marsudi, Sumbul) dan Gesikan (Is Hariyadi Purnomo dan Slamet Eko Budiyono).

Camat Gantiwarno Hari Purnomo SIP MSi  dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para pengurus dan anggota forum relawan siaga bencana  Kecamatan Gantiwarno  t1MER 9 yang telah dikukuhkan. Semoga dengan pengukuhan relawan siaga bencana di Gantiwarno menjadi mitra Pemerintah Kecamatan Gantiwarno dalam setiap mitigasi bencana mengingat Kecamatan Gantiwarno merupakan wilayah rawan bencana seperti gempa bumi, banjir, angin puting beliung dan berdekatan dengan lereng Gunung Merapi.

Maka dari itu, Camat  Hari Purnomo SIP MSi berharap, agar setelah pengukuhan ini forum relawan siaga bencana  Kecamatan Gantiwarno  t1MER 9 segera menyusun kegiatan sehingga nantinya banyak kegiatan yang dilakukan. Misalnya, menjaga sungai-sungai di Gantiwarno agar tetap bersih dan airnya lancar sehingga di Gantiwarno tidak terjadi banjir bandang.

Sementara itu Kabid  Kesiapsiagaan Bencana  BPBD  Kabupaten Klaten, Budi Prasetyo SSos dalam sambutannya mengapresiasi kepada Camat Gantiwarno Hari Purnomo SIP MSi   yang telah berhasil mengukuhkan pengurus dan anggota forum relawan siaga bencana  Kecamatan Gantiwarno  t1MER 9. Semoga dengan terbentuknya forum relawan siaga bencana di Gantiwarno nantinya dapat bersinergi dengan para relawan lainnya dalam upaya pengurangan resiko bencana maupun dapat saling mendukung jika sewaktu-waktu di Gantiwarno khususnya dan di Klaten pada umumnya terjadi bencana alam, namun semoga di wilayah Klaten semua terhindar bencana alam. Acara pengukuhan forum relawan siaga bencana  Kecamatan Gantiwarno  t1MER 9 dimulai pukul 09.15 WIB dan selesai pukul 10.30 WIB. (Paidi)

 

Baca Juga :

Leave a Reply