Home > ekonomi & pembangunan > Malu Zaman Kini Masih Buang Air Besar Di Sungai

Malu Zaman Kini Masih Buang Air Besar Di Sungai

Focusklaten.net – Masyarakat harus mau mengubah perilaku salah jika masih buang air besar alias BAB di sungai.Pasalnya Pemkab Klaten telah mencanangkan menuju kabupaten bebas BAB sembarangan atau Open Defacation Free (ODF) dengan menetapkan Cawas sebagai kecamatan pertama di Kabupaten Klaten yang bebas BAB sembarangan.Deklarasi ditandai dengan penandatanganan kesepakatan 20 kepala desa,dua kepala puskesmas dan camat setempat disaksikan Plt Bupati Klaten Sri Mulyani di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Cawas (Jumat 17/03/17).
Muhammad Natsir Camat Cawas kepada Tim Focusklaten.net mengatakan ada tujuh sungai yang harus dijaga dari perilaku BAB sembarangan yakni sungai Cino, Mlese, Dengkeng, Kalijajaran, Padangan, Gamping, dan Balong menjadi tantangan tersendiri untuk seluruh Kecamatan  Cawas.

Plt Bupati Klaten menyerahkan sertifikat ODF kepada kepala desa

Muhammad Natsir menambahkan tentunya kecamatan ODF tidak bisa terwujud tanpa desa ODF, untuk itu secara intensif sejak tahun 2014 kita mulai satu persatu dari masing-masing desa untuk mencapai bebas ODF.
Dengan berbagai langkah yang sudah dilakukan sejak 2014, akhirnya Kecamatan Cawas memastikan menjadi Kecamatan ODF. Didampingi Jaka Sawaldi Sekretaris Daerah Klaten dan sejumlah pejabat daerah Plt Bupati Klaten Sri Mulyani, sangat mengapresiasi atas deklarasi ini, karena tentunya tidak mudah untuk mencapai ODF dengan jumlah 20 desa dan dilalui sungai-sungai besar. Sri Mulyani berharap semua kecamatan di kabupaten Klaten dapat segera mengikuti dan akhirnya menjadi Kabupaten ODF.

Baca Juga :

Leave a Reply