Home > ekonomi & pembangunan > Transparansi Anggaran, Masyarakat Boleh Bertanya

Transparansi Anggaran, Masyarakat Boleh Bertanya

sumber gambar : http://seknasfitra.org

Focusklaten.net Papan informasi yang berisi transparansi anggaran terpampang di samping pintu masuk Bagian Humas Setda Klaten. Sesekali lalu lalang masyarakat yang melintas terlihat melirik sekilas kemudian berlalu. Masyarakat belum mengikuti secara khusus transparansi anggaran yang dilakukan sejumlah SKPD.

Tugiyo (63) warga Sumyang, Jatipura, Trucuk saat bincang-bincang dengan Tim Focusklaten.net mengatakan transparansi anggaran adalah langkah yang baik.  Langkah baik itu kata Tugiyo adalah masyarakat bisa tahu program dan kegiatan kantor dimaksud kemudian masyarakat menjadi tahu dan sekaligus bisa bertanya terkait program kegiatan yang berkaitan dengan rakyat.

Wahyudi Martono mengatakan Bagian Humas Setda Klaten mengelola dana sebesar 1.919.845.000 di tahun anggaran 2017. Dana tersebut terbagi dalam 5 program dan 24 kegiatan. Program satu Pelayanan Administrasi Perkantoran sebesar 11 persen atau 75 juta.  Program dua adalah Peningkatan sarana dan Prasarana Aparatur sebesar 8 persen atau 153.5 juta. Program Pengembangan Kerjasama Pengelolaan kekayaan Budaya sebesar 22 persen atau 419 juta.  Program Pengembangan Komunikasi, Informasi dan Mass Media sebesar 6,5 persen atau 124 juta dan Program Informasi dan Mass Media sebesar 48 persen atau 921 juta.

Berdasarkan pemantauan Tim Focusklaten.net belum semua kepala OPD membuat pengumuman transparansi anggaran.  OPD yang terpantau Tim Focusklaten.net sampai Senin (27/0317) yang telah membuat transparansi anggaran Tim Focusklaten.net baru Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dan Bagian Humas Setda Klaten

Wahyudi Martono mengatakan Bagian Humas melaksanakan tugas fungsi penyebarluasan informasi meliputi pengelolaan RSPD Klaten, publikasi, dokumentasi, pembuatan sambutan dan kerjasama dengan wartawan dan media massa.  Selain itu Bagian Humas juga mengelola pusat pemberitaan daerah berbasis online yakni Focusklaten.net yang berisi pemberitaan pemerintah bersifat cerdas, bernilai dan membangun. Masyarakat dapat dengan mudah mengaksesnya melalui handphone berbasis android, berita daerah Klaten bisa dibaca setiap saat (Jepe75).

Baca Juga :

Leave a Reply