Home > pendidikan > Perpustakaan Keliling, Program Menumbuhkan Kembali Minat Baca Masyarakat

Perpustakaan Keliling, Program Menumbuhkan Kembali Minat Baca Masyarakat

  • Focusklaten.net (7/04/17) – Minat baca masyarakat mulai kendur perlu ditumbuhkan melalui penyediaan fasilitas baca yang mudah terjangkau masyarakat salah satunya melalui program perpustakaan keliling yang dilakukan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten di acara Car Free Day (Ahad 7/04/05).

Beni petugas Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten kepada Tim Focusklaten.net menjelaskan setiap acara CFD dua mobil perpustakaan stand by di titik strategis Swalayan Matahari Klaten. Ada sekitar 3.000 buku tiap mobil yang disiapkan. Memang rata-rata yang baca tidak banyak sekitar 50 sampai 100 pengunjung. Biasanya anak – anak yang berminat membaca terutama buku cerita atau komik. Beberapa orang tua juga ada yang membaca kata Beni saat mereka sedang menunggui anak-anaknya yang bermain di CFD.

Maridza Agnia bocah 10 tahun siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Gading, Drono, Ngawen Klaten terlihat asyik membaca novel anak. Buku kecil – kecil punya karya berjudul MY WONDERFUL HOLIDAY sempat mencuri perhatiannya. Ketika ditanya Tim Focusklaten.net alasannya membaca, bocah yang akrab dipanggil Izza itu mengatakan teman sebayanya juga banyak yang membawa novel anak sehingga dirinya juga suka membaca komik anak.

Sri Winoto Plt Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten saat dikonfirmasi Tim Focusklaten.net menjelaskan program perpustakaan keliling akan terus dilaksanakan. Ditanya tentang rencana kepada pria sekaligus Asisten Administrasi Setda Klaten itu mengatakan akan selalu mengganti koleksi buku dan menambah fasilitas perpustakaan digital tentang informasi wisata daerah seperti Ki Ageng Gribig, Sunan Pandanaran atau wisata lain sehingga perpustakaan lebih memiliki daya tarik (Jepe 75).

Baca Juga :

Leave a Reply