DAK Fisik dan DD Klaten Telah Disalurkan

ekonomi & pembangunan
Petugas keamanan KPPN Klaten Mas Agus menunjukkan spanduk yang dipasang di depan KPPN Klaten berisi informasi bahwa KPPN Klaten telah menyalurkan DAK fisik dan DD tahun anggaran 2017 untuk Klaten dan Boyolali.
Kepala KPPN Kabupaten Klaten, Yoyok Yulianto MBA (tengah) didampingi Kasi Bank KPPN Klaten Aris Suwanto SE (kiri) dan pejabat KPPN Klaten Suritno di KPPN Kabupaten, Klaten Kamis (18/5/2017).

focusKLATEN.net-Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun Anggaran (TA) 2017 Kabupaten Klaten triwulan I dan Dana Desa (DD) TA 2017 tahap atau semester I untuk seluruh desa di Kabupaten Klaten sejak April 2017 telah cair atau telah disalurkan dari pemerintah pusat. Penyaluran atau transfer DAK khusus fisik dan DD mulai tahun 2017 ini dilakukan oleh Kantor Pelayanan Pemberdaharaan Negara (KPPN) Klaten ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Pemkab Klaten.
Demikian dikatakan Kepala KPPN Kabupaten Klaten, Yoyok Yulianto MBA didampingi Kasi Bank KPPN Klaten Aris Suwanto SE di KPPN Kabupaten Klaten Jalan Kopral Sayom Bareng Lor, Klaten Utara, Klaten, Kamis (18/5/2017). KPPN Klaten mempunyai tugas untuk penyaluran dana dari pemerintah pusat khususnya DAK fisik dan DD untuk dua kabupaten masing-masing Kabupaten Klaten dan Kabupaten Boyolali.
Yoyok Yulianto MBA menjelaskan, pagu DAK fisik TA 2017 untuk Kabupaten Klaten Rp 83.466.507.000 terdiri dari DAK fisik bidang kesehatan, bidang pertanian, bidang kelautan dan perikanan, bidang pendidikan, bidang jalan, bidang irigasi dan bidang pasar. Untuk triwulan I telah disalurkan oleh KPPN Klaten ke RKUD Pemkab Klaten sebesar Rp 24.762.773.000.
Kemudian, kata Yoyok Yulianto MBA, pagu DD TA 2017 untuk Kabupaten Klaten Rp 311.087.447.000 dan untuk tahap I telah disalurkan KPPN Klaten ke RKUD Pemkab Klaten sebesar Rp 186.652.467.200. DAK Fisik dan DD tahun 2017 di Klaten sudah bisa ditransfer ke RKUD Pemkab Klaten karena syarat kelengkapan SPJ tahun 2016 telah selesai dan tidak ada permasalahan.
Yoyok Yulianto MBA menjelaskan, kebijakan penyaluran DAK fisik dan DD melalui KPPN Klaten diharapkan dapat meningkatkan kelancaran dan pelayanan Pemkab Klaten semakin cepat. Terutama untuk meningkatkan koordinasi dalam pelaksanaan proyek serta meningkatkan efektifitas penggunaan dari alokasi dana tersebut agar dari tahun ke tahun semakin meningkat.
Kepala KPPN Kabupaten Klaten, Yoyok Yulianto MBA menegaskan, dengan penyaluran DAK fisik dan DD oleh KPPN Klaten ke RKUD Pemkab Klaten bertujuan agar Pemkab Klaten semakin mampu untuk meningkatkan pelayanan kepada desa penerima DAK fisik dan DD. Penyaluran DD tahap I tahun 2017 berdasarkan rekomendasi pusat, sehingga jika belum ada rekomendasi dari pemerintah pusat maka KPPN Klaten juga tidak berani mentransfer dana tersebut ke RKUD kabupaten.
Menurut Yoyok Yulianto MBA, publikasi tentang penyaluran DAK fisik dan DD bertujuan untuk memberitahukan kepada Pemkab Klaten dan masyarakat bahwa DAK fisik triwulan 1 dan DD tahap I sudah dibayarkan. Setelah itu agar pihak penerima dalam hal ini seluruh desa di Klaten agar segera melaksanakan kegiatan karena penyaluran tahap berikutnya tergantung dari pencapaian tahap pertama.
Untuk pengawasan penggunaan DAK fisik dan DD, Yoyok Yulianto MBA menyatakan, bahwa pengawasan penggunaan dana tersebut Pemkab Klaten dapat memaksimalkan peran inspektorat. Kemudian agar masyarakat dan lembaga desa yang ada seperti Badan Permusyawaratan Desa (BPD) terus pro aktif untuk memberikan pengawasan sehingga penggunaan DAK fisik dan DD dapat tepat sasaran untuk memajukan pembangunan desa dan meningkatkan kesejahteraan desa.
Pada kesempatan tersebut Kepala KPPN Kabupaten Klaten, Yoyok Yulianto MBA juga menjelaskan, pagu DAK Fisik TA 2017 untuk Kabupaten Boyolali sebesar Rp 76.357.199.000 terdiri dari DAK fisik bidang pendidikan,bidang kesehatan, bidang kelautan dan perikanan, bidang air minum, bidang sanitasi, bidang jalan, bidang pasar dan bidang irigasi. Untuk triwulan I telah disalurkan oleh KPPN Klaten ke RKUD Kabupaten Boyolali Rp 22.907.155.000.
Kemudian untuk pagu DD TA 2017 untuk Kabupaten Boyolali Rp 207.823.645.000. Sampai saat ini belum ada penyaluran pagu DD ke RKUD Kabupaten Boyolali karena surat rekomendasi dari Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan yang menjadi dasar penyaluran dana desa tahap I belum diterima oleh KPPN Klaten. (idi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *