Home > kesehatan > BPJS BERI KEMUDAHAN AKSES UNTUK PEMUDIK

BPJS BERI KEMUDAHAN AKSES UNTUK PEMUDIK

focusklaten.net – Sambut Hari Raya Idul Fitri tahun 2017, Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kembali memberikan kemudahan akses berobat untuk pemudik yang menjadi peserta aktif JKN-KIS. Kemudahan akses tersebut berupa layanan kesehatan tingkat satu maupun rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS kesehatan tanpa harus mendapatkan rujukan dari fasilitas kesehatan (Faskes) tingkat pertama selama periode 19 Juni sampai 2 Juli 2017.

“Peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat diluar wilayah tanpa terlebih dahulu melapor ke kantor BPJS Kesehatan setempat dimana ia tinggal. Prosedurnya peserta darurat maupun non darurat  langsung dapat berobat ke IGD rumah sakit setempat dengan menunjukkan kartu JKN-KIS yang masih aktif ,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan cabang Boyolali, M. Farid, Kamis (15/06).

Lebih lanjut M.Farid mengatakan, untuk mengecek masa aktif kepesertaan dan iuran peserta, dapat melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile pada menu Cek Iuran. Sedang  untuk daftar fasilitas kesehatan, dapat dilihat di website BPJS Kesehatan, aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, atau melalui care center BPJS Kesehatan 1500400.

Guna memastikan kelancaran peserta, BPJS Kesehatan juga menciptakan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat didownload secara gratis pada Google Play Store untuk perangkat android.

“aplikasi ini dilengkapi informasi nomor-nomor telepon dan lokasi-lokasi penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, Faskes mitra BPJS, tanya jawab BPJS, info BPJS, hingga tips kesehatan,” jelas M. Farid.

Farid menegaskan bahwa selama peserta JKN-KIS yang mudik mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku dan berdasar hasil pemeriksaan dokter yang jelas  maka fasilitas kesehatan yang diberikan tidak diperkenankan menarik biaya dari peserta.

Baca Juga :

Leave a Reply