Home > pendidikan > Cerdas Cermat Pelajar Warnai Peringatan Hari Adhiyaksa

Cerdas Cermat Pelajar Warnai Peringatan Hari Adhiyaksa

Focusklaten.net – Kamis (20/7) Dalam rangka menyambut Hari Bhakti Adhyaksa tahun 2017, Kejaksaan Negeri Klaten mengadakan Lomba Cerdas Cermat (LCC) Bidang Hukum dan Ketata NegaraanTingkat SMP se-Kabupaten Klaten, di halaman Kantor Kejaksaan Negeri setempat Kamis (20/07) . Peserta dalam LCC ini adalah kelompok siswa SMP Klaten yang telah masuk dalam 8 peserta terbaik yang didapat dari seleksi tes tertulis pada Selasa (18 Juli 2017) di SMP Negeri 6 Klaten.

Sekolah yang masuk dalam 8 peserta terbaik adalah SMP N 2 Klaten, SMP N 1 Cawas, SMP N 1 Trucuk, SMP N 3 Klaten, SMP N 1 Klaten, SMP N 1 Delanggu, SMP N 1 Polanharjo, dan SMP N 1 Karanganom. LCC ini diselenggarakan atas kerjasama dari Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten dan Kejaksaan Negeri Klaten. Tujuan dari adanya LCC ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang hukum dan ketatanegaraan serta memotivasi siswa dalam berkompetensi untuk memacu meningkatkan prestasi siswa.

Lomba Cerdas Cermat ini dibuka langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Klaten, Zuhandi, SH, MM. Dalam sambutannya, Zuhandi berharap acara ini bisa menumbuhkan minat siswa untuk belajar dan mengenali hukum agar bisa terhindar dari hukuman. Pesan tersebut kata Zuhandi juga sesuai dengan kalimat yang sering Kejaksaan Negeri sampaikan yaitu “Kenali Hukum dan Jauhi Hukum”. Zuhandi juga berharap agar bukan hanya kemenangan yang dicari oleh peserta LCC. “Bukan hanya mencari kemenangan saja, tetapi bisa mengerti hukum-hukum atau peraturan yang ada, lalu mengimplementasikan, dan menyebarkan pengetahuan kepada teman-teman disekolah. Itu harapan saya dari lomba ini.” Ujar Zuhandi kepada peserta LCC.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten Haji Pantoro mewakili Pelaksana tugas (Plt) Bupati Klaten Hajah Sri Mulyani , mengapresiasi lomba tersebut dan berharap acara ini dapat menguji sejauh mana wawasan serta pengetahuan peserta lomba tentang peraturan perundangan, hukum, dan ketatanegaraan. “Semakin luasnya wawasan dan pemahaman akan hal tersebut, maka akan semakin besar pula peran sertanya dalam upaya menciptakan ketertiban hukum di Indonesia, sehingga terciptanya rasa aman dan tentram.” ujar Pantoro membacakan isi sambutan Plt Bupati Klaten.

Dalam LCC yang dihadiri Muspida, serta jajaran pejabat dari Kejaksaan Negeri dan dinas Pendidikan serta para kepala sekolah tersebut, akan mengambil delapan peserta disaring menjadi empat peserta untuk menuju final. Empat finalis akan memperebutkan posisi juara 1, juara 2, juara 3, dan juara harapan 1 serta untuk mendapatkan trophy, piagam, dan uang pembinaan.

Baca Juga :

Leave a Reply