Jaga Kondusifitas Pilkades, Plt Bupati Klaten dan Jajaran Lakukan Pemantauan

politik & pemerintahan

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Klaten Hajah Sri Mulyani melakukan pemantauan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa  (Pilkades) Serentak tahun 2017. Kegiatan didampingi Kapolres Klaten AKBP M Darwis dan Dandim 0723/Klaten Letkol Inf Bayu Jagat, Sekda Haji Jaka Sawaldi dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah  (OPD) dan pejabat  lain dilakukan Rabu (26/07)  siang.

Rute pemantauan diawali di Desa Taji Kecamatan Prambanan Klaten, dengan mendatangi ketua Panitia Pemilihan setempat Subandrio dan panitia lain, diteruskan dengan memberi ucapan selamat kepada tiga Calon kepala desa, masing-masing  Budiyono (1), Supolo (2) dan Jaka Indarto (3). Dengan memberi penjelasan bahwa jumlah pemilih sesuai Daftar Pemilih Tetap keseluruhan sebanyak  2000 lebih tapi undangan yang beredar sebanyak 1992 lembar, 50 yang lain yang bersangkutan tidak berada di lokasi. “Hingga pukul 10.10 jumlah pemilih hadir hampir mencapai 50 persen, sedang 50 undangan yang tidak beredar karena pemilih tidak berada ditempat” jelas Subandrio.

Pemantauan berikutnya, dilakukan di Desa Gombang Kecamatan Cawas yang diikuti oleh tiga Calon Kepala desa  yakni Nyonya Marwanti (1), Sutono (2) dan Nyonya Eko Sumarni (3) jumlah pemilih 3.527 orang. Dilanjutkan ke Desa Sobayan Kecamatan Pedan dengan 4 Calon Kepala  Desa, Karangan Kecamatan Karanganom dan Desa Karanglo Kecamatan Klaten Selatan dengan dua Calon Kepala Desa yakni Slamet Widodo dan Kusmus Widodo.

Plt Bupati Klaten Hajah Sri Mulyani kepada Tim Focusklaten.net mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan dilapangan menunjukkan, bahwa antusias masyarakat untuk mengikuti Pilkades cukup tinggi. Mereka sejak jam ditentukan telah rela antre untuk menyalurkan suara dalam pemilihan kepala desa serentak, yang keseluruhan dilaksanakan di 48 desa tersebar di 290 wilayah kecamatan. “Kepada para calon termasuk simpatisan diharapkan tetap dapat menjaga kondusifitas  lingkungan, serta Menang Aja Umum kalah Aja Ngamuk” tandasnya.

Berdasarkan data yang ada, Pemantauan Pelaksanaan Pemilihan Kepala desa Serentak tahun 2017 terbagi lima tim, yaitu Tim satu antara lain Plt Bupati, Muspida, Sekda dan lain-lain melakukan pemantauan di wilayah Kecamatan Prambanan, Cawas, Pedan, Wonosari, Karanganom dan Klaten Selatan. Tim dua terdiri dari Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Inspektur, Kasi Intel Kodim dan lain-lain melakukan pemantauan di kecamatan Ceper, Juwiring dan Wonosari.

Tim tiga terdiri dari Koordinator Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, bagian Pemerintahan, Kasi Intel dan lain-lain melakukan pemantauan di kecamatan Wedi, Jogonalan, Kebonarum, Klaten Selatan dan Ngawen.  Kepala Dinas Perhubungan, Kabag Hukum dan lain-lain melakukan pemantauan di Prambanan, Manisrenggo, Kemalang dan Karangnongko, Tim empat yaitu Kepala Dinas Dukcapil , BPKD, Bagian Humas melakukan pemantauan di Cawas, Trucuk, Karangdowo dan Pedan serta Tim lima yaitu Asisten Ekonomi dan pembangunan, Kepala Bappeda, Kasi Intel Polres dan lainnya melakukan pemantauan di Polanharjo, Karanganom, Tulung dan Jatinom.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *