Home > pendidikan > Program Kementerian Luar Negeri RI; 12 Mahasiswa Asing UPN Veteran Yogyakarta Mengajar di SMAN 1 Klaten

Program Kementerian Luar Negeri RI; 12 Mahasiswa Asing UPN Veteran Yogyakarta Mengajar di SMAN 1 Klaten

Mahasiswa asing UPN Veteran Yogyakarta saat mengajar di SMAN 1 Klaten.

Kepala SMAN 1 Klaten, Drs Kawit Sudiyono MPd bersama mahasiswa asing foto dengan siswa SMAN 1 Klaten.

Kepala SMAN 1 Klaten, Drs Kawit Sudiyono MPd dan Dekan FISIP UPN Veteran Yogyakarta, Machya Astuti Dewi bersama mahasiswa asing UPN Veteran Yogyakarta.

Kepala SMAN 1 Klaten, Drs Kawit Sudiyono MPd (paling kanan) bersama jajarannya foto dengan mahasiswa asing UPN Veteran Yogyakarta.

Dekan FISIP UPN Veteran Yogyakarta, Machya Astuti Dewi (tengah) dan Kepala SMAN 1 Klaten, Jawa Tengah, Drs Kawit Sudiyono MPd (paling kanan) masing-masing bersama jajarannya foto bersama pada acara kunjungan mahasiswa asing UPN Veteran Yogyakarta di SMAN 1 Klaten, Selasa (1/8/2017).

focusKLATEN.net – Sebanyak 12 mahasiswa asing yang kuliah di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, Selasa (1/8/2017) mengadakan kunjungan pendidikan sekaligus mengajar  di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Klaten. Mahasiswa asing tersebut antara lain dari Jepng, Timor Leste, Argentina, Australia, Belanda, Korea Selatan dan dari Serbia.

Rombongan mahasiswa asing dari UPN Veteran Yogyakarta dipimpin Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Machya Astuti Dewi yang diterima Kepala SMAN 1 Klaten, Jawa Tengah,  Drs Kawit Sudiyono MPd beserta jajarannya. Pertama rombongan diterima di ruang lobi Kepala SMAN 1 Klaten pukul 10.00 WIB, setelah itu rombongan mahasiswa asing dari UPN Veteran Yogyakarta mengadakan sesi foto bersama di pintu gebang gedung utama SMAN 1 Klaten dan setelah itu mengadakan kunjungan kerja ke kelas untuk mengajar dan tukar pengalaman dengan para siswa SMAN 1 Klaten.

Dekan FISIP UPN Veteran Yogyakarta, Machya Astuti Dewi merupakan alumni SMAN 1 Klaten tahun 1988  asli warga Mlinjon, Tonggalan, Klaten Tengah namun sekarang menetap di Yogyakarta. Machya Astuti Dewi mengucapkan terimakasih kepada Kepala SMAN 1 Klaten Drs Kawit Sudiyono MPd beserta jajarannya yang telah menerima kunjungan pendidikan mahasiswa asing yang kini kuliah di UPN Veteran Yogyakarta.

Pada kesempatan tersebut, Dekan FISIP UPN Veteran Yogyakarta, Machya Astuti Dewi menjelaskan, program kunjungan pendidikan dan mengajar dari mahasiswa asing yang kuliah di Indonesia termasuk di UPN Veteran Yogyakarta ke sekolah, merupakan program dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia. Tujuannya, agar mahasiswa asing dapat belajar dan bersosialisasi kepada masyarakat Indonesia, sehingga kelak setelah lulus dan kembali ke negaranya serta menjadi pemimpin di negaranya masing-masing dapat menjalin kerjasama dengan Indonesia.

Machya Astuti Dewi mengatakan, mahasiswa asing dari berbagai negara kuliah di UPN Veteran Yogyakarta berkat adanya program beasiswa dari Kemenlu RI kepada mahasiswa asing. Sehingga mahasiswa asing dapat belajar dan memahami budaya Bangsa Indonesia dalam rangka menjalin kerjasama antara Indonesia dengan negara lain sehingga terjadi persahabatan antar negara di dunia dengan prinsip saling menghormati.

Menurut Machya Astuti Dewi, mahasiswa asing yang kuliah di UPN Veteran Yogyakarta dan mengadakan kunjungan ke SMAN 1 Klaten mengambil Jurusan Hubungan Internasional FISIP. Mahasiswa asing yang kuliah di UPN Veteran Yogyakarta juga mempelajari budaya masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya, bahkan rata-rata mahasiswa asing yang kuliah di UPN Veteran Yogyakarta juga sudah menguasai Bahasa Indonesia.

Sementara itu Kepala SMAN 1 Klaten Drs Kawit Sudiyono MPd dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa asing UPN Veteran Yogyakarta beserta rombongan. Selama ini alumni dari SMAN 1 Klaten juga banyak diterima di universitas di luar negeri selain itu banyak yang kuliah di perguruan tinggi kedinasan dan perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Drs Kawit Sudiyono MPd mengucapkan terimakasih kepada Dekan FISIP UPN Veteran Yogyakarta, Machya Astuti Dewi beserta para mahasiswanya dari luar negeri yang mengadakan kunkungan pendidikan dan mengajar di SMAN 1 Klaten. Dengan kegiatan tersebut diharapkan para siswa SMAN 1 Klaten mendapatkan pengalaman, ilmu pengetahuan dan informasi dari para mahasiswa asing tersebut. Acara kunjungan mahasiswa asing UPN Veteran Yogyakarta di SMAN 1 Klaten dimulai pukul 10.00 WIB sampai selesai. (Paidi)

 

 

 

Baca Juga :

Leave a Reply