SKPD Harus Punya Program Unggulan

politik & pemerintahan

Focusklaten.net (11/09) – Dalam rapat koordinasi rutin di Ruang B1 Komplek Setda Klaten (Senen, 11/09) Plt Bupati Klaten Sri Mulyani mewajibkan setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) memiliki program unggulan yang bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Melalui Wahyudi Martono, Kepala bagian Humas Klaten sebagaimana dikutip Tim Focusklaten Plt Bupati Sri Mulyani menekan agar SKPD bekerja tidak sekedar rutinitas menghabiskan anggaran yang miskin inovasi apalagi tidak ada kemanfaatannya bagi masyarakat. Program unggulan itu nantinya menjadi karakter SKPD tentunya sesuai tugas dan fungsi masing-masing. Nilai lebih yang dimaksudkan Plt Bupati Klaten adalah sebuah kegiatan yang mempunyai nilai kemanfaatan yang besar bagi masyarakat, baik secara langsung atau tidak.

Wahyudi Martono mencontohkan dengan bergulirnya dana desa. Berkat bergulirnya dana desa saat ini muncul 40 desa wisata. Pemimpin desa dan warganya terpacu mengembangkan potensi daerahnya masing-masing. Selain menempuh transparansi anggaran, belajar dari dana desa yang melahirkan hampir 40 desa wisata, bagi semua SKPD untuk melakukan terobosan-terobosan mengingat kemampuan yang dimiliki dan memaksimalkan SDM yang ada. Hal ini kata Wahyudi Martono menjadi bagian upaya SKPD mereformasi diri sesuai visi kepala daerah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tim Focusklaten Plt Bupati Sri Mulyani akan menerapkan kebijakan reward and punishment di tahun 2018. Sikap respon terhadap permasalahan masyarakat, memahami tugas fungsi, bertanggung jawab terhadap tugas termasuk pelaksanaan program unggulan yang bernilai bermanfaat menjadi penilaian kinerja. Sebaliknya terhadap aparatur yang malas, berkinerja rendah apalagi melakukan perbuatan melawan hukum, Plt Bupati Klaten tidak segan memberikan sikap tegas (Jepe).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *