Home > politik & pemerintahan > PNS Masih Tanggapi Beragan Himbauan Berzakat

PNS Masih Tanggapi Beragan Himbauan Berzakat

Focusklaten.net (13/09) – Himbauan Plt Bupati Klaten Sri Mulyani terkait himbauan menunaikan zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas Klaten masih ditanggapi beragam para PNS. Ada sebagian menyatakan sanggup berzakat, sebagian lagi memilih berinfak.

Suwarno (48) PNS Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Klaten kepada Tim Focusklaten menyatakan sudah lama berzakat melalui lembaga pengumpul zakat di daerahnya. Ditanya apakah sudah menerima surat kesanggupan berzakat di lingkungan kerjanya, Suwarno menyatakan tidak tahu  karena tidak mengurusi hal tersebut. Namun secara pribadi Suwarno mengapresiasi inisiatif Plt Bupati Klaten yang sudah mengawali kepatuhan membayar zakat.

Tanggapan berbeda dinyatakan Nani Hernani (52) staf Bagian Humas.  Kepada Tim Focusklaten  Nani masih merasa bingung menyikapi himbuan Plt Bupati karena gaji yang diterima setiap bulan sudah tidak utuh. Gaji yang diterima  sebagian besar sudah dipotong untuk membayar angsuran pinjaman di salah satu bank.   Nani mengaku belum menandatangani surat kesanggupan berzakat dari Baznas. Kalau harus berzakat  kata Nani memilih untuk berinfak dan nanti akan dipotong melalui bendahara gaji di Bagian Humas berbarengan menandatangi kesanggupan berinfak.

Berdasarkan catatan petugas pengumpul zakat di Bagian Humas dari 33 PNS yang ada sebanyak 27 PNS muslim telah menandatangani kesanggupan berzakat dan berinfak serta lima PNS lainnya adalah non muslim.  Besarannya pun beragam dari Rp 5.000,00 sampai tertinggi Rp 150.000,00.  Dari pernyataan kesanggupan yang sudah ditandatangani tercatat Rp 848.000,00 beraqod zakat dan Rp 380.000,00 beraqod  infak sehingga total sejumlah Rp 1.228.000,00. Artinya Oktober nanti pengumpulan zakat dan infak di Bagian Humas Setda Klaten akan ada peningkatan pasca himbauan Plt Bupati Klaten dibandingkan catatan September dimana jumlah zakat hanya tercatat Rp 365.000,00 dan infak sebesar Rp 334.000,00 (Jepe)

Baca Juga :

Leave a Reply