Home > ekonomi & pembangunan > HUT ke-72 PMI, PMI Klaten Gelar Apel Relawan dan Jalan Sehat

HUT ke-72 PMI, PMI Klaten Gelar Apel Relawan dan Jalan Sehat

Pelepasan peserta jalan sehat HUT ke-72 PMI ditandai dengan peletusan confetti oleh Asisten III Sekda Klaten H Sri Winoto SH, Ketua PMI Klaten Drs H Purwanto AC MSi dan Ketua Panitia HUT ke-72 PMI Klaten Agus Suprapto SSos MSi dan relawan PMI.

Tim medis Pos Kesehatan PMI di Desa Kurung, Kecamatan Ceper juga mengikuti apel HUT ke-72 PMI.

Apel dalam rangka HUT ke-72 PMI berjalan khidmat, tampak dua petugas apel yang membacakan tujuh prinsip kepalangmerahan.

Para sukarelawan PMI Klaten mengikuti apel dalam rangka HUT ke-72 PMI yang diadakan PMI Klaten di Pos Kesehatan PMI di Desa Kurung, Kecamatan Ceper.

Asisten III Sekda Klaten H Sri Winoto SH menjadi inspektur apel pengurus, karyawan dan sukarelawan PMI dalam rangka HUT ke-72 PMI di Pos Kesehatan PMI di Desa Kurung, Kecamatan Ceper, Klaten, Minggu pagi (17/9/2017).

fokusKLATEN.net-Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Palang Merah Indonesia (PMI) tahun2017, PMI Klaten mengadakan apel relawan dan jalan sehat yang dipusatkan di Pos Kesehatan PMI Klaten yang ada di Desa Kurung, Kecamatan Ceper, Klaten. Apel relawan dan jalan sehat HUT ke-72 PMI dihadiri Plt Bupati Klaten Hj Sri Mulyani yang diwakili Asisten III Sekda Klaten, H Sri Winoto SH.

Acara didahului dengan apel pengurus dan relawan PMI Kabupaten Klaten yang dimulai pukul 07.00 WIB. Setelah apel baru dilanjutkan dengan jalan sehat dengan start dan finish di Pos Kesehatan PMI Klaten yang ada di Desa Kurung, Kecamatan Ceper, Klaten. Acara tersebut diikuti sekitar 600 relawan PMI yang terdiri para pengurus,  Korps Sukarela (KSR), Tenaga Sukarela (TSR) serta anggota Palang Merah Remaja (PMR) tingkat SMP dan SMA/SMK.

Pada apel HUT ke-72 PMI tersebut, Plt Bupati Klaten  yang diwakili Asisten III Sekda Klaten, H Sri Winoto SH membacakan sambutan Pelaksana Harian (Plh) Ketua Umum PMI Pusat, Ginandjar Kartasasmita. Dalam sambutannya, Plh Ketua Umum PMI Pusat, Ginandjar Kartasasmita yang disampaikan Asisten III Sekda Klaten, H Sri Winoto SH menyatakan, PMI telah memasuki usia 72 tahun, karena PMI lahir hanya berbeda satu bulan setelah Indonesia Merdeka.

Maka dari itu, Plh Ketua Umum PMI Pusat, Ginandjar Kartasasmita juga mengajak seluruh pengurus dan relawan PMI untuk mengumandangkan pekik kemerdekaan, “Merdeka…!!!.” Artinya Merdeka dari bencana, merdeka dari permasalahan kesehatan dan merdeka dari persoalan sosial. Namun  dalam kenyataannya, saat ini kemerdekaan masyarakat masih terhalang oleh berbagai peristiwa bencana, buktinya beberapa wilayah di tanah air masih banyak masyarakat yang terkena atau terancam dampak bencana letusan gunung  api, banjir, longsor, kekeringan, kebakaran serta bencana karena kemiskinan.

Akibatnya, tulis Ginandjar Kartasasmita  seperti dikutip H Sri Winoto, masyarakat mengalami kehilangan baik anggota keluarga atau kerabat maupun harta benda dan hidup di bawah martabat kemiskinan. Maka dari itu pada HUT ke-72 PMI tahun 2017 mengangkat tema “Membangun Masyarakat Tangguh” dimaksudkan sebagai pendorong bagi insan pekerja kemanusiaan untuk terus tak henti dan tak kenal lelah membantu masyarakat.

Utamanya, lanjut H Sri Winoto mengutip sambutan Plh Ketua Umum PMI Pusat, Ginandjar Kartasasmita, dengan melakukan kegiatan-kegiatan pengurangan resiko bencana dan mengatasi masalah-masalah sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kesiapan menghadapi dan mengurangi resiko bencana harus menjadi bagian dari budaya masyarakat, sehingga warga selalu siap siaga dan tumbuh menjadi masyarakat yang tangguh terhadap bencana yang dapat diakibatkan dari berbagai peristiwa dan kondisi.

Menurut Plh Ketua Umum PMI Pusat, Ginandjar Kartasasmita, tugas tersebut tidak mudah oleh karenanya PMI harus terus meningkatkan dan mempererat kerjasama dengan para mitra, pemangku kepentingan, instansi lintas sektoral untuk bersama membangun masyarakat yang dapat melakukan upaya pencegahan dan pengurangan resiko bencana, mandir dan memperkuat ketahanan sosial masyarakat. PMI Pusat mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada pengurus, staf, sukarelawan dan seluruh jajaran PMI di Indonesia yang telah membaktikan tenaga, pikiran, dan waktu untuk melakukan pelayanan kemanusiaan terbaik kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan visi PMI yang profesional, mandiri, berkarakter dan dicintai masyarakat. Acara apel sukarelawan PMI dan jalan sehat HUT ke-72 PMI Klaten di Pos Kesehatan PMI Klaten di Desa Kurung, Kecamatan Ceper, Klaten selesai sekitar pukul 10.00 WIB. (Paidi)

 

 

 

 

 

 

 

Baca Juga :

Leave a Reply