Home > politik & pemerintahan > Hadi Purnomo, Tokoh Pencerah itu Kini Telah Tiada

Hadi Purnomo, Tokoh Pencerah itu Kini Telah Tiada

Focusklaten.net (03/10) – Berita duka menghampiri jajaran Pemkab Klaten.  Hadi Purnomo mantan Asisten Tata Pemerintahan Setda Klaten tutup usia Selasa, 3 Oktober 2017 pukul 00.45 karena sakit.  Tokoh pencerah itu menghembuskan nafas terakhir di usia 62 tahun di Rumah Sakit Umum Suradji Tirtonegoro (Selasa,3/10).

Mengenang masa hidupnya di mata rekan-rekan pejabat di lingkungan Pemkab Klaten almarhum Hadi Purnomo adalah sosok yang cerdas.  Wahyudi Martono Kepala Bagian Humas Setda Klaten kepada Tim Focusklaten menuturkan almarhum

Hadi Purnomo adalah salah satu pejabat yang mempunyai karier yang hebat. Prestasi itu adalah menjabat camat termuda kala itu sebagai Camat Jogonalan.  Almarhum juga sangat cerdas membaca kebijakan.  Bekerja taat pada aturan dan memperhatikan bawahan agar tetap berkinerja tinggi.  Hal ini dibuktikan almarhum untuk tidak segan-segan berbagi ilmu bagi jajaran PNS setiap beliau memimpin apel pagi dengan wejangan-wejangan berbobot penuh makna.  Rintisan seperti ini baik ditindaklanjuti pejabat saat ini sehingga apel tidak hambar dan sebatas rutinitas menggugurkan kewajiban.

Kesan lain juga dirasakan Muhtar seorang staf Bagian Humas.  Kepada Tim Focusklaten, PNS yang rajin mengikuti apel itu menuturkan almarhum Hadi Purnomo pinter menerjemahkan makna.  Salah satu pesan beliau adalah PNS itu harus banyak bekerja dan sedikit bicara atau diistilahkan Talk Less Do More.  Dari istilah yang diambil dari slogan sebuah produk itu dimaknai agar setiap PNS gemar bekerja keras tidak hanya pandai bicara, tapi tidak ada karyanya bagi bangsa. Kerja itu harus ada “tatune” kata Muhtar, seperti wejangan almarhum negara akan rugi jika PNS bekerja tiap hari tapi ada karya apa pun.  Inilah pesan penuh makna kata Muhtar yang masih diingat dari sosok almarhum.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tim Focusklaten almarhum Hadi Purnomo  lahir di Klaten 2 Juli 1955 dari seorang ayah Supadi Mulya Suharjo.  Tinggal di Jalan Cemara 13 Klaten, Hadi Purnomo mengenyam pendidikan Magister of Science di Universitas Gajah Mada dengan jabatan terakhir Asisten Tata Pemerintahan. Menikahi Dyah Prishastuti, almarhum Hadi Purnomo yang pernah menjabat Ketua Takmir Masjid Raya Klaten itu dikaruniani dua putra yakni Adiwoso Hasmono dan Ika Runia Fitri serta sugeng Samsyiah sebagai anak angkat.  Almarhum Hadi Purnomo disemayamkan di rumah duka Jalan Cemara 13 Klaten dan dikebumikan di desa Ngaran Polanharjo (Jepe).

Baca Juga :

Leave a Reply