Home > olah raga > Serunya Ibu-Ibu PKK Klaten Ketika Bermain Kasti di Bawah Panas Terik

Serunya Ibu-Ibu PKK Klaten Ketika Bermain Kasti di Bawah Panas Terik

Focusklaten.net (12/10/17 )– Permainan kasti tidak selalu identik dengan permainan anak-anak. Untuk mengobati rasa kangen permainan masa kecil, ibu – ibu yang bergabung dalam Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga alias TP PKK Kabupaten Klaten menggelar lomba permainan kasti yang diikuti 26 kontingen di Alun-Alun Kota Klaten (12/10/17).

Seorang ibu dengan pentungan siap mengayun bola yang dilempar. Tawa menggelegar setiap bola yang dilempar luput dipukul. Sekali pukul bola melambung ke udara. Di ujung sana beberapa ibu yang lain siap – siap menangkap bola di udara tergopoh-gopoh mengejar. Urung bola ditangkap karena badan tak lagi kencang berlari digelayuti tubuh yang tidak lagi langsing dan lincah. Begitu tertangkap, bola harus dilempar tertuju tubuh lawan. Sayang, lagi-lagi lemparan bola itu menerpa ruang kosong karena lawan keburu cepat berlari. Kembali tawa pecah di antara pemain dan penonton di cerah mentari di atas Alun-Alun Kota Klaten.

Asriningsih selaku ketua panitia penyelenggara kepada Tim Focusklaten mengatakan, penyelenggaraan Lomba Kasti bagi anggota TP PKK dilakukan berdasarkan program kerja organisasi untuk “nguri-nguri” atau melestarikan olah raga tradisional yang kini banyak ditinggalkan oleh para generasi muda. Disamping itu juga untuk meningkatkan rasa memiliki budaya lokal, mempererat silaturahmi kader dan meningkatkan rasa gotong royong. Lebih lanjut, Asriningsih mengemukakan, kegiatan lomba yang diselenggarakan untuk tahun ke tiganya tersebut, untuk memperebutkan juara 1, 2 dan 3 serta harapan 1,2 dan 3.

Sementara itu Jaka Sawaldi selaku Sekretaris Daerah Setda Klaten dalam sambutannya mengatakan, olah raga kasti mempunyai sejarah panjang yang melekat dalam tradisi dan budaya nasional, sehingga layak untuk dilestarikan. Karena dengan olah raga kita bisa mempertemukan perbedaan dalam satu hal yang bernama sportifitas.

Berdasarkan hasil liputan Tim Focusklaten Jaka Sawaldi selaku Sekretaris Daerah Setda Klaten membuka Lomba Kasti yang digelar TP PKK Kabupaten Klaten diikuti 26 kontingen dari perwakilan 26 kecamatan yang ada di Alun-Alun Kota Klaten. Tak urung permainan tradisional yang langka dan jarang dimainkan di zaman modern saat ini sempat mencuri perhatian warga atau pengendara yang melintas serta dan menyempatkan menonton menjenak. Sesekali senyum dan tawa pecah ketika melihat pemain yang jatuh berbenturan atau melihat lemparan yang lepas dari target (Jepe).

Baca Juga :

Leave a Reply