Widodo Makmur Grup Bangun Joglo Jati Terbesar di Indonesia

ekonomi & pembangunan pendidikan
Pendiri Yayasan Kesatriaan Enterpreneur Indonesia Ir H Tumiyana MBA bersama owner Yayasan Kesatriaan Enterpreneur Indonesia dan Plt Bupati Klaten Hj Sri Mulyani (kaos putih) beserta tenaga kerja pembangunan joglo jati terbesar dan aneka bangunan Yayasan Kesatriaan Enterpreneur Indonesia.
Pendiri Yayasan Kesatriaan Enterpreneur Indonesia Ir H Tumiyana MBA (kanan) owner Yayasan Kesatriaan Enterpreneur Indonesia H Sunarna SE MHum (tengah) dan Ir Suparno.
Pendiri Yayasan Kesatriaan Enterpreneur Indonesia Ir H Tumiyana MBA saat berada di atas bangunan Joglo jati terbesar saat akan pemasangan penuwun, Sabtu pagi (18/11/2017).
Joglo jati terbesar di Indonesia yang kini sedang dibangun keluarga besar PT Widodo Makmur Grup di Desa Ngerangan, Kecamatan Bayat, Klaten. Pemasangan penuwun dilakukan, Sabtu (18/11/2017).

focusKLATEN.net – PT Widodo Makmur Grup yang dipunggawani  putra-putri  Almarhum H Tukimin Tri Widodo dan Almarhumah Hj Sumiyem Tri Widodo membangun joglo jati terbesar di Indonesia dengan luas 900 meter persegi ukuran 30 meter x 30 meter. Pemasangan penuwun joglo jati tersebut telah dilakukan, Sabtu (18/11/2017).

Joglo jati terbesar dengan kayu jati tanpa sambungan tersebut dibangun di lokasi Yayasan Kesatriaan Enterpreneur Indonesia yang dibangun oleh PT Widodo Makmur Grup di Desa Ngerangan, Kecamatan Bayat, Klaten. Adapun Owner Kesatriaan Enterpreneur Indonesia  merupakan putra-putri  Almarhum H Tukimin Tri Widodo dan Almarhumah Hj Sumiyem Tri Widodo masing-masing Ir Suparno, Hj Sugiyami,  Ir H Tumiyana MBA,  Dra Hj Suyatmi,  H Sunarna SE MHum  dan Ir H Sigit Marwanto.

Kepada pers disela-sela meninjau langsung pemasangan penuwun Joglo jati terbesar,  Ir H Tumiyana MBA yang sekarang menjabat Direktur Utama PT Pembangunan Perumahan Tbk yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengatakan, joglo dibangun dengan ciri arsitektur gaya Kudus. Kayu jati dibeli dari Blora dan Pati yang merupakan kayu jati terakhir yang saat ini ada.

Ir H Tumiyana MBA didampingi  owner H Sunarna SE MHum, Ir Suparno, Direktur Eksekutif lokasi Yayasan Kesatriaan Enterpreneur Indonesia Nur Iswan SE MA,  arsitek Thoat Fauzi ST, konsultan ukir Tomi dan Manajer Proyek Ir Suyatno menjelaskan,  tinggi tiang joglo mencapai 12,5 meter dan tinggi joglo secara keseluruhan mencapai 19,5 meter. Tiang kayu jati dengan diameter 50 cm, dada peksi utama memakai 11 tumpuk kayu jati berukir dan anak dada peksi luar kanan dan kiri masing-masing memakai lima tumpuk kayu jati berukir.

Setelah empat tiang utama, kata Ir H Tumiyana MBA, dibutuhkan 12 tiang pengarak dan 28 tiang pengracik. Joglo jati terbesar se Indonesia ini nantinya menjadi bangunan utama komplek Kesatriaan Enterpreneur Indonesia. Motif ukiran joglo keluarga Tri Widodo adalah ijo royo-royo yang melambangkan kemakmuran bersinergi dengan alam.

Motif ukirannya, kata Ir H Tumiyana MBA, diantaranya tanaman, bunga melati dan buah dengan harapan dengan kerja keras nantinya Yayasan Kesatriaan Enterpreneur Indonesia mampu membuahkan hasil mencetak pengusaha-pengusaha handal di Indonesia. Tenaga ukir ada 36 orang dari Jepara dan Randublatung dibagi menjadi dua yakni 18 orang bekerja di Joglo Tri Widodo dan 18 orang di Jepara menyelesaikan relief sejarah perjuangan bangsa yang akan dipasang di Joglo Tri Widodo.

Ir H Tumiyana MBA mengungkapkan, untuk mendukung Joglo jati terbesar di Yayasan Kesatriaan Enterpreneur Indonesia juga dibangun beberapa fasilitas pendukung masing-masing kelas pelatihan kapasitas 100 orang, mes tempat tinggal, perpustakaan, ruang pameran atau display produk, ruang workshop dan pendidikan, mushola dan Pondok Pesantren (Ponpes) Hafidz Al Quran. Seluruh pembangunan Joglo serta fasilitas pendukung Yayasan Kesatriaan Enterpreneur Indonesia ditargetkan selesai triwulan pertama 2018 atau Maret 2018.

Sebelum pemasangan penuwun joglo jati terbesar, dilokasi pembangunan pada Jumat malam (17/11) digelar pengajian dengan diisi pembacaan Surat Yasin, dzikir dan tahlil dengan doa bersama agar Allah SWT memberikan perlindungan selama pembangunan. Sehingga nantinya pembangunan joglo jati terbesar di Indonesia serta pembangunan aneka bangunan  Yayasan Kesatriaan Enterpreneur Indonesia dapat terlaksana sesuai dengan program yang direncanakan keluarga besar Tri Widodo. Pada acara pengajian juga diselenggarakan konfigurasi logo Kesatriaan Enterpreneur Indonesia terbesar. (Idi)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *