Absensi Elektronik PNS Klaten Akan Diujicobakan Terbatas

politik & pemerintahan

Focusklaten (3/1/17 )– Dua kali sebagai pembina apel pagi (Selasa, 02/01/18) Jaka Sawaldi Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten minta  untuk meningkatkan disiplin pegawai negeri sipil atau PNS agar sistim absensi berjari atau absensi elektronik  segera diterapkan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Klaten di awali di lingkup Sekretariat Daerah.

Menanggapi perintah tersebut Sri Winoto selaku Asisten Adminitrasi Setda Klaten kepada Tim Focusklaten.net mengatakan dalam seminggu ke depan akan segera diujicobakan absensi elektronik itu di lingkungan Setda Klaten.  Organisasi perangkat daerah atau OPD yang biasa apel di halaman Pendopo Klaten akan diuji-cobakan absensi ini seperti unit Bagian-Bagian di  Sekretariat Daerah, Sekretariat Dewan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Badan pengelolaan Keuangan Daerah, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BPPD),  serta Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Klaten. Langkah awal sebelum uji coba alat tersebut harus ada proses perekaman sidik ibu jari dan iris mata oleh petugas yang ditunjuk oleh masing-masing OPD baru absen elektronik itu bisa dilakukan. Kedepan setelah absen elektronik berjalan Sri Winoto menjelaskan akan dibarengi penerapan reward and punishment serta penghitungan beban kerja.  Terkait reward and punishment PNS yang disiplin Sri Winoto menyerahkan ke BPPD.

Surti Hartini Kepala BPPD Klaten melalui Tim Focusklaten.net menjelaskan saat ini telah ditunjuk  petugas teknis di setiap OPD terbatas di lingkungan Setda Klaten untuk  dilatih mengoperasikan mesin absensi elektronik ini. Pelatihan ini sebagai tahap awal untuk dilakukan perekaman data sidik jari dan iris mata PNS di masing-masing OPD.  Perekaman ini membutuhkan waktu dan nanti mesin ini akan ditempatkan di ruangan terdekat.  Biarpun ada absensi elektronik, Surti Hartini menegaskan tetap dilaksanakan apel pagi di Halaman Pendopo seperti biasa dengan jam waktu yang akan dimatangkan kembali setelah ada evaluasi nanti.

Memasuki tahun baru 2018 Pemkab Klaten  akan menerapkan sistim absensi elektronik.  Absensi elektronik ini awalnya bersifat uji coba terbatas di lingkungan Setda Klaten setiap apel pagi.  Sekitar 600 PNS peserta di Halaman Pendopo Klaten akan diujicobakan absensi elektronik untuk mengukur peningkatan disiplin para abdi negara di saat apel pagi selama ini dinilai belum efektif mendorong kinerja korp berseragam korpri itu (Jepe).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *