Home > pendidikan > Sarat Legalisir KK dan Akte kelahiran Pendaftaraan Siswa Baru Akhirnya Dihapus

Sarat Legalisir KK dan Akte kelahiran Pendaftaraan Siswa Baru Akhirnya Dihapus

Focusklaten(29/6/18) – Banyaknya keluhan masyarakat direspon baik Pemkab Klaten dengan menghapus kewajiban melampirkan fotocopi kartu keluarga (KK) dan akte kelahiran berlegalisir dalam pendaftaran siswa baru 2018. Ketentuaan itu didasarkan melalui surat Nomor 800/1668/12 tanggal 29 Juni 218 tentang Informasi Terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018 ditanda tangani Kepala Dinas Pendidikan Klaten, Sunardi.

Ada dua subtansi penting dari surat itu. Ketentuan pertama yakni terkait persaratan KK dan akte kelahiran cukup membawa fotocopy tanpa dilegalisir serta menunjukan aslinya kepada petugas pada waktu regestrasi. Ketentuan kedua instruksi kepada Kodinator wilayah pendidikan dan Kepala SMP Negeri/ Swasta meneruskan informasi tersebut di atas kepada seluruh peserta didik di wilayah kerja masing-masing dan masyarakat luas yang akan mengikuti PPDB 2018.

Berdasarkan informaasi yang dihimpun Tim Focusklaten persaratan pendaftaran siswa baru baik SD, SMP, SMA/SMK yang harus menyertakan fotocopi KK dan akte kelahiran berlegalisir sangat dikeluhkan masyarakat. Bukan saja berdampak berjubelnya masyarakat mengantri di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang sangat melelahkan, tapi juga menyebabkan petugas pelayanan legalisir kewalahan. Tak heran dalam sepekan terakhir Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil diserbu warga meminta legalisir KK dan akte kelahiran.

Sunardi (52) warga Sumberejo, Klaten Selatan saat ditemui Tim Focusklaten sangat menyayangkan persyaratan fotocopi KK dan akte kelahiraan berlegalisir. Dimana pun layanan pemerintah itu disederhanakan, ini malah ditambah sarat dan prosedurnya sehingga menyusahkan masyarakat. Apalagi loket pelayanan legalisir yang digabung dengan layanan lain menyebabkan masyarakat bingung.

Hal serupa dirasakan oleh Wisnu (24) warga Trucuk Klaten yang harus repot mencari legalisir KK dan akte kelahiran. Waktu yang seharusnya untuk menyelesaikan tugas kuliah, harus mondar-mandir ke Klaten untuk mendapatkan legalisir dokumen yang harus dilengkapi adiknya yang mau mendaftar SMK Pertanian Klaten (Jepe).

Baca Juga :

Leave a Reply