Home > Uncategorized > Penataan Rowo Jombor, Warung Apung Direlokasi

Penataan Rowo Jombor, Warung Apung Direlokasi

Focusklaten.net (29/06/18) Pengusaha warung apung Rowo Jombor menyetujui  pemindahan warung apung ke daratan sisi timur rowo dari lokasi usaha sebagai buah kesepakatan antara Pemkab Klaten dan warga setempat di acara Sosialisasi Penataan Rowo Jombor yang dipimpin  Bupati Klaten bertempat di Balai Desa Krakian, Bayat Klaten (Selasa.3/07/18).

Bupati Klaten Sri Mulyani melalui Tim Focusklaten.net menjelaskan penataan kawasan Rowo Jombor sesuai master plan telah disusun pemerintah pusat dan Provinsi Jawa Tengah. Kawasan warung apung Rowo Jombor akan dibangun seperti rumah panggung. Bawah bangunan dan kanan kirinya dibuatkan kolam sehingga tetap seperti warung apung. Selain itu kata Bupati Sri Mulyani, deretan warung akan dibuat  asri dan tempat parkir yang tertata rapi. Kemudian kawasan Rowo Jombor yang juga dilengkapi aneka wahana wisata yang menarik serta penataan lampu jalan, wisata perahu, susur sungai Dengkeng, susur terowongan sungai bawah tanah yang terpadu sehingga menambah destinasi wisata dan ramainya Rowo Jombor.

Samsir (55) pemilih warung apung Ilham menginginkan relokasi Rowo Jombor tidak menghilangkan kesan wisata kuliner selama ini yang identik warung di atas air.  Karena masyarakat tahunya kata Samsir yang juga berprofesi sebgai seorang guru itu, kawasan wisata Rowo Jombor adalah tempatnya kuliner ikan.  Sementara itu Bambang (52) warga Tanjungsari, Krakitan, Bayat mewakili komunitas pemilik pemancingan dan keramba tidak menolak penataan rawa.  Bambang mengharapkan relokasi Rowo Jombor nantinya  tetap memberi ruang bagi masyarakat bisa memelihara ikan di rawa.

Pasca pembersihan Rowo Jombor beberapa minggu lalu, Pemkab Klaten merancang penataan Rowo Jombor untuk dikembalikan kembali pada fungsi dasar sebagai irigasi sekaligus destinasi wisata. Sosialisasi penataan  Rowo Jombor dipimpin langsung Bupati Klaten Sri Mulyani yang didampingi Prof Soeratman dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Sekda Klaten Jaka Sawaldi,  Asisten II Sekda Klaten  Purwanto AC serta sejumlah pejabat. Sosilisasi dihadiri lebih 100 warga baik pengusaha warung apung, nelayan, pengusaha pemancingan dan petani keramba (Jepe).

Baca Juga :

Leave a Reply