Home > ekonomi & pembangunan > Semarak Hari Jadi Klaten Ke-214, Ketika Roro Jonggrang Bertemu Kumbang Jalanan

Semarak Hari Jadi Klaten Ke-214, Ketika Roro Jonggrang Bertemu Kumbang Jalanan

Focusklaten.net (29/07/18) Masyarakat Klaten menyemut sepanjang jalan protokol Kota Klaten (Sabtu, 29/07).  Agenda tahunan Klaten Lurik Carnival dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Klaten Ke-214 dan Hut RI Ke 73 mampu menyedot ratusan ribu warga Klaten dengan sabar menantikan aksi 36 kontestan yang memperagakan baju lurik dalam berbagai corak dan permainan lakon.

Tema kisah Roro Jonggrang yang dimainkan Rizky Handayani salah satu perangkat Desa Tlogo, Kecamatan Prambanan membuka iring – iringan kontenstan di start awal. Kain lurik tidak saja membalut tokoh Roro Jonggrang, tapi juga kepak sayap di punggung sang tokoh legenda itu menambah apik sosok mata yang memandang.  Gadis-gadis yang berkeliling mengitari Roro Jonggrang seolah berkisah tentang asal – usul Candi Prambanan di antara pasukan – pasukan yang membangun candi sambil menari di depan panggung kehormatan.

Kontestan lain yang mencuri perhatian warga adalah tampilan dari Kecamatan Tulung yang megusung tema Klaten Kota Bunga Sejuta Warna.  Warna – warni corak lurik dengan berbagai pesona seolah bunga di antara taman-taman indah diperankan gadis-gadis dari Kecamatan Tulung.  Tampilan kontenstan lurik dari Tulung tampak beda dengan hadirnya sosok Kumbang “gendut” yang dilakonkan Camat Tulung Rohmat Sugiato seakan terbang untuk menghisap madu di antara bunga-bunga di taman sejuta warna oleh tampilan bunga lurik yang memancarkan warna. Gaya lucu kumbang gendut Camat Tulung itu saat tampil di depan panggung kehormatan tak ayal mengundang decak tawa.

Informasi yang dihimpun Tim Focusklaten gelaran Klaten Lurik Carnival 2018 diikuti 36 kontenstan.  Kontesntan itu mewakili 26 kecamatan, organisasi perangkat daerah (OPD), BUMD,  pengusaha dan Dewan Kerajinan nasional Daerah (Dekranasda) Klaten.  Acara dibuka Bupati Klaten Sri Mulyani dihadiri Forkompida, pejabat setempat dan Sujarwanto Dwi Atmoko mewakili pejabat Provinsi Jawa Tengah berbaur di antara ratusan ribu penonton (jepe).

Baca Juga :

Leave a Reply