Home > ekonomi & pembangunan > Sosok Wirausaha Muh. Anton Subekhi, Sukses Dari Inspirasi “Tukang Pakir”

Sosok Wirausaha Muh. Anton Subekhi, Sukses Dari Inspirasi “Tukang Pakir”

Focusklaten.net (02/08/18) Roda selalu berputar dan nasib orang tidak seorang pun yang tahu. Susah senang, duka dan bahagia itu silih berganti menjadi bagian hidup manusia. Itulah yang dialami sosok wirausaha muda Muhammad Anton Subekhi, owner Anugerah Prima Motor Klaten. Tidak yang menyangka kesuksesan yang diraih saat ini harus dirajut dalam berbagai ujian dan kesulitan di masa kecil dihimpit kesulitan ekonomi keluarga.

Kepada Tim Focusklaten saat bincang-bincang disela-sela penyuluhan TNI Manunggal membangun Desa (TMMD) di Balai Desa Mayungan, Ngawen, Klaten (Rabu, 01/08/18) Mas Anton demikian akrab disapa menuturkan lahir dari seorang ayah yang berprofesi menjadi guru tinggal di Kalasan Prambanan.  Sang ibu terpaksa harus jualan benang hasil pintalan sang ayah untuk dijual ke pasar.  Anton kecil pun tak jarang harus membantu ibu ke pasar untuk menjajakan benang bangunan itu guna memenuhi kebutuhan hidup.

Sosok sang ayah menjadi figur yang menginpirasi dan menempa jiwa pemuda kelahiran 1976 itu kelak menjadi pribadi tangguh.  “Dulu banyak orang menertawakan ketika mendengar cita-cita kecil saya waktu kecil  hanya ingin menjadi tukang parkir” kata Anton berkisah kepada Tim Focusklaten. “Tertawaan masyarakat itu membuat saya berpikir kalau benar sebagai tukang parkir mungkin hidup akan tetap susah.  Maka muncul inspirasi merintis usaha bengkel mobil terletak di Jalan By Pass Jogja – Solo tepatnya sekitar Karanganom Mudal.  Atas ridlo Allah Subhannahu Watta Alla, saya benar menjadi tukang parkir mobil. Bukan semata menjaga mobil parkir, tapi mobil itu harus berderet-deret antri menunggu di bengkel Anugerah Prima Motor untuk mendapatkan layan jasa servis dan perbaikan” katanya.

Ayah dua anak yang kini tinggal di Kerun Baru, Belang Wetan, Klaten Utara itu kini menikmati jerih payah usahanya yang dirintis membuka jasa servis mobil di Anugerah Prima Motor.  Anugerah Prima Motor tidak saja menjual jasa servis mobil saja, tapi juga berafialiasi dengan Astra dan binaan langsung Daehatsu Mobil.  Tidak itu saja, Anton Subekhi kini juga mengembangkan sayap usaha dengan membuka Anugerah Swalayan yang beralamat di Jalan Ahmad Dahlan tepat di depan Rumah Sakit Islam Klaten.

Ditanya terkait kiat sukses menjadi wirausaha, Anton Subekhi dengan ringan berbagi ilmu menuturkan ada tiga rumus menjadi wirausaha sukses.  Tiga kiat membangun jiwa wirausaha itu adalah memiliki mental tangguh tidak mudah menyerah, tahu ilmu usaha yang dipilih dan mempunyai guru yang tepat (jepe).

Baca Juga :

Leave a Reply