Home > hukum & kriminal > Nasib Bayi Dibuang itu Kini Diperebutkan Orang Untuk Diadopsi

Nasib Bayi Dibuang itu Kini Diperebutkan Orang Untuk Diadopsi

Focusklaten (08/09/18) – Kasus bayi dibuang yang menggemparkan warga Klaten beberapa waktu lalu memasuki babak baru.  Nasib bayi berjenis kelamin perempuan  yang ditengarai dibuang orang tuanya itu kini diperebutkan banyak orang untuk diadopsi.

Aulia Septa Arini petugas pendamping Pusat layanan Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (PLKSAI) dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Klaten  kepada Tim Focusklaten membenarkan kalau bayi naas itu diperebutkan pengasuhannya menjadi anak angkat.  “Benar sang bayi naas itu kini diperebutkan banyak orang untuk diadopsi.  Bahkan tidak sedikit pejabat penting yang ingin mengadopsi.  Hampir 20 orang tua asuh yang ingin mengadopsi, “ kata Aulia.  PLKSAI Klaten kata Aulia tidak berwenang memutuskan hak pengasuhan anak terkait kasus bayi yang dibuang, tapi wewenang  Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah dengan syarat – syarat yang harus dipenuhi calon pengadopsi. Saat ini bayi dibuang itu dalam perawatan tenaga medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bagas Waras Klaten.

Sementara dr Limawan sekaligus Direktur RSUD Bagas Waras Klaten saat dikonfirmasi Tim Focusklaten tentang kondisi bayi naas itu menjelaskan bayi itu dalam kondisi sehat.  “Bayi dirawat dan dipelihara seperti perlakuan terhadap pasien lainnya dan dalam kondisi sehat,” kata dr Limawan.  Bayi ini sekarang dalam pengawasan medis agar bayi selalu dalam kondisi terjaga jangan sampai sakit.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tim Focusklaten, masyarakat Klaten dikagetkan atas penemuan bayi yang ditengarai dibuang oleh orang tuanya. Bayi ditemukan oleh Suratmin seorang pencari barang rongsokan Senin (3/9) jam 06.30 WIB di dalam sebuah tas berwarna coklat kotak-kotak di teras samping rumah penduduk bernama Zulkhan Ahmad di Dusun Klongklangan RT12/06 Desa Kotesan Kecamatan Prambanan.  Bayi berjenis kelamin perempuan  itu ditemukan dalam kondisi sehat dengan berat 3100 gram dan panjang 47 cm. Oleh saksi bayi dilaporkan ke petugas Polsek Prambanan dan selanjutnya dirawat di RSUD Bagas Waras Klaten (Jepe).

Baca Juga :

Leave a Reply