Home > ekonomi & pembangunan > Serunya Emak-Emak Ketika Senam Di Tanggul Sungai Gedang

Serunya Emak-Emak Ketika Senam Di Tanggul Sungai Gedang

Focusklaten (09/09/18) – Kalau senam dilakukan di sanggar atau di tanah lapang sudah biasa.  Tapi kalau emak-emak kebanyakan paruh baya bersenam di tepian sungai itu baru menarik. Hal inilah yang dilakukan emak-emak komunitas sungai bersenam ria di tanggul Sungai Gedang yang terletak di Kradenan, Trucuk, Klaten dalam rangka Hari Olahraga Nasional sekaligus memeriahkan ajang lomba mancing yang diadakan Sedulur Mancing Mania Klaten (SMMK) yang dibuka Bupati Klaten Sri Mulyani (Ahad, 9/9).

Acara senam oleh komunitas  Sungai Gedang Kradenan diikuti ribuan ibu-ibu, anak-anak, ASN, tokoh masyarakat serta jajaran Pemerintah Kecamatan Trucuk berkumpul memenuhi tanggul sungai dan jalan akses menuju lokasi.  Agenda yang tak lazim itu mengundang banyak perhatian masyarakat tak terkecuali peserta mancing mania.  Acara senam tidak saja untuk mencari kebugaran, tapi juga dimaksudkan untuk membangun kesadaran masyarakat akan penting menjaga dan merawat sungai agar tetap bersih dan memberi manfaat bagi kehidupan.

“ Ini namanya the power of emak-emak” kata Arif Hidayat (35) seorang relawan sungai asal Sengon Prambanan Klaten ketika berjumpa Tim Focusklaten. “Kalau emak-emak sudah mau peduli sungai apalagi ada anak, semoga gerakan sungai terus mendapat dukungan masyarakat.  Komunitas sungai Gedang sudah dua hari bekerja keras membersihkan sungai yang kotor sehingga dapat bersih dan digelar lomba mancing” kata Arif melalui cuitannya di media sosial.

Arif Hidayat mengatakan gerakan sungai tidak saja mancing mania.  Di beberapa komunitas sungai ada kegiatan tabur benih ikan.  Tapi tabur benih ikan tidak dilakukan oleh komunitas, tapi pengantin baru kata Arif Hidayat saat bertemu Tim Focuskalaten.

Bupati Klaten Sri Mulyani yang berkesempatan hadir dan membuka acara lomba mancing Sungai Gedang mengatakan agar masyarakat terus menjaga semangat gotong-royong terutama dalam menjaga kebersihan sungai.  Sungai kalau bersih kata Sri Mulyani maka ikan akan berkembang banyak bisa dipancing dan menambah gizi keluarga.

Bupati Klaten Sri Mulyani didampingi Jaka Sawaldi Sekda Klaten, Rony Roekminto Asisten Tata Pemerintahan dan Kesra, Bambang Haryoko Camat Trucuk berikut sejumlah pejabat membuka acara lomba mancing yang diadakan Sedulur Mancing Mania Klaten (SMMK) di sungai Gedang Kradenan Trucuk. Jumlah yang ditebar mencapai 1,6 ton diikuti 400 peserta mancing.  Acara dimaksudkan untuk membangun kesadaran peduli sungai dan memberi nilai ekonomi masyarakat (Jepe).

Baca Juga :

Leave a Reply