Home > pendidikan > Semangat Optimisme di Momen Hijriah

Focusklaten (12/09/18) – Umat islam khususnya PNS Klaten diminta mengembangkan semangat optimisme kerja  sebagai perubahan sikap secara fundamental dalam memaknai pergantian tahun baru islam 1 Muharam 1440 Hijriah.

Demikian pesan moral yang disampaikan Bupati Klaten Sri Mulyani dalam malam pengajian peringatan Tahun Baru  1440 Hijriah bertempat di Masjid Al Aqsa (Rabu, 12/9) menghadirkan penceramah KH Suyanto pengasuh Pondok Pesantren Modern Yatim  dan Dhuafa Madinah asal Kotagede Yogyakarta. Bupati Sri Mulyani yang hadir  didampingi pejabat sengaja datang awal sehabis sholat isya sambil menunggu kedatangan jamaah. Bupati Klaten berkenan hadir dan membuka acara  biar pun jamaah tidak banyak. Di waktu yang bersamaan Bupati Klaten Sri Mulyani harus hadir di Rapat Paripurna Penetapan APBD perubahan 2018 bersama DPRD Klaten.

Di acara yang juga dihadiri Kapolres Klaten AKBP Juli Agung Pramono dan sejumlah pejabat Klaten, Bupati Sri Mulyani melalui Tim Focusklaten mengatakan bagi umat islam, pergantian tahun merupakan kebangkitan optimisme untuk hidup menuju lebih baik.  Makna yang bisa diambil dari pergantian tahun baru adalah terjadinya transformasi nilai-nilai dalam diri  seorang (muslim). Transformasi nilai itu harus benar-benar membenam dal hati dan pikiran melalui sikap muhasabah atau evaluasi diri.

Sementara itu KH Suyanto dalam ceramahnya menekankan pentingnya membangun keindahan muamalah dalam memaknai hijriah. Ada empat keindahan muamalah yang baik dimiliki pribadi muslim.  Sikap itu adalah muslim yang gemar menebar salam, shodaqoh sebagai tolak balak, rajin bersilaturakhim dan bertawakal melalui sholat-sholat malam (Jepe).

Baca Juga :

Leave a Reply