Home > hukum & kriminal > Tidak Ada Ampun, PNS Koruptor Bakal Segera Dicopot

Tidak Ada Ampun, PNS Koruptor Bakal Segera Dicopot

Focusklaten (15/09/18) – Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri memilih bersikap tegas terhadap PNS yang terbukti melakukan tindak pidana korupsi.  PNS yang terlibat kasus korupsi dan perkaranya telah berkekuatan hukum tetap bakal segera dipecat sampai batas Desember 2018.

Menteri Dalam Negeri Cahyo Kumolo melalui Harian Republika (14/9) sebagaimana dikutip Tim Focusklaten menjelaskan pihaknya akan segera menghentikan gaji ribuan Pegawai negeri Sipil (PNS) yang terlibat kasus korupsi dan telah berkekuatan hukum tetap. “Kami akan rapat dengan KPK, Menteri PAN-RB dan Kepala ASN untuk mencari data detail 2.352 ASN yang kemarin ditemukan KPK” kata Cahyo Kumolo di saat wawancara dengan Republika di Auditorium Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian Jakarta (Kamis,13/9).  Cahyo menambahkan akan segera mengumpulkan Sekretaris Daerah  seluruh Indonesia supaya mengetahui siapa saja ASN yang terjerat kasus korupsi di wilyah masing-masing.

Juru bicara KPK Febri Diansyah seperti diberikan Republika (14/9) menjelaskan KPK mendukung penuh kebijakan Mendagri. Febri menambahkan sangat mengapresiasi terbitnya Surat Edaran Mendagri yang secara paralel seharusnya dipatuhi para kepala daerah selaku Pejabat Pembina Kepegawaian atau PPK.

Sebagaimana ditulis Focusklaten (10/9) Komisi Pemberantasan Korupsi alias KPK menyatakan  Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah memblokir data sebanyak 2.357 Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menjadi narapidana kasus korupsi atau tidak bisa naik pangkat. Pemblokiran karena sejumlah orang bermasalah itu masih aktif sebagai PNS. Dari data BKN yang diperoleh KPK ada 14 daerah yang mencetak banyak PNS melakukan korupsi.  Daerah itu adalah Yogyakarta, surabaya, bandung, Medan, Maksar, Jakarta, Palembang, Banjarmasin, Jayapura, Denpasar, Menada, Pekanbaru, Banda Aceh dan Manokwari (Jepe).

Baca Juga :

Leave a Reply