Home > ekonomi & pembangunan > Pemerintah Harus Berani Memproteksi Produk Lokal

Pemerintah Harus Berani Memproteksi Produk Lokal

Focusklaten (01/11/18) – Untuk meningkatkan daya saing, Pemerintah Kabupaten Klaten diminta  mengambil kebijakan proteksi terhadap produk-produk unggulan lokal agar tetap menjadi tuan rumah di daerah sendiri.

Muhammad Anton Subekhi selaku Owner Anugerah Prima Motor saat menjadi narasumber di acara kegiatan non fisik penyuluhan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Jagalan, Karangnongko Klaten (31/11) mengatakan perlindungan produk lokal melalui kebijakan pemerintah itu penting dan hal itu biasa dilakukan untuk menjaga daya saing. “Pemerintah harus berani memberikan kebijakan proteksi produk lokal agar berkembang.  Contoh Kabupaten Kulonprogo  dengan produk Berasku (Beras Kulonprogo) dan Airku (Air Kulonprogo)” kata Anton pengusaha jasa bengkel mobil di Jalan By Pass Yogya – Solo.

Pemkab Kulonprogo dalam upaya melindungi produk lokal seperti beras lokal adalah mewajibkan seluruh ASN setempat membeli beras petani.  Selain itu produk  minuman bermieral Airku wajib dikonsumsi disuguhkan tamu luar daerah yang berkunjung di lingkungan perkantoran di Kabupaten Kulonprogo.

Anton mencontohkan misalnya Karangnongko memiliki produk usaha warga sandal jepit.  Perlu dimaping pasar kebutuhan atau segmen masyarakat secara pasti.  Jangan membuat produk dimana pasar tidak membutuhkan. Kalau modal terlalu kecil, pemasaran harus cepat sehingga modal bisa diputar.  Langkah lain yang juga bisa ditempuh adalah mengundang investor.  Dengan investor keuntungannya resiko dan permodalan bisa berbagi.  Hanya kerugiaanya nilai keuntungan juga harus rela diambil bersama.

Anton Subekhi yang merintis jasa perbengkelan mobil itu berbagi tip untuk menjadi pengusaha sukses kegiatan non fisik penyuluhan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa jagalan, Karangnongko.  Minimal ada tiga syarat untuk menjadi pengusaha sukses yakni memiliki ilmu bisnis yang digeluti, mempunyai tujuan atau target yang pasti dan mempunyai guru membimbing.  Jangan pernah takut menjadi pengusaha karena sukses itu bukan milik orang lain, tapi miliki diri sendiri dan orang-orang yang berusaha sepenuh hati, pesan Anton dalam motto hidupnya (Jepe).

Baca Juga :

Leave a Reply