Mahmud MD :”Indonesia Dengan Pancasila Sudah Oke!”

politik & pemerintahan

Klaten (21/01/19) – Negara Indonesia dengan dasar pancasila sudah final.  Tidak itu saja, proses sejarah panjang para pendiri bangsa sepakat bahwa negara pancasila adalah ijtihad atau kesepakatan bersama. Indonesia dengan pancasila adalah sistim negara yang sudah oke.

Isu khilafah menjadi topik yang banyak menyita perhatian warga Klaten yang hadir diacara Dongeng Kebangsaan yang digelar Pemkab Klaten dan Polres Klaten menghadirkan narasumber tunggal Prof DR Mahfud MD, guru besar Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta (Jumat, 18/01) di Gedung Sunan Pandanaran Klaten. Sebanyak 1.700 warga Klaten terdiri dari  dai, kepala desa, perangkat desa, birokrat dan tokoh masyarakat berikut  Bupati Klaten Sri Mulyani  yang hadir bersama Kapolres Klaten Aries Sandi dan sejumlah pejabat setempat nyaris tidak beranjak dari tempat duduk.  Ceramah kebangsaan yang dikemas dalam acara dongeng kebangsaan bersama moderator Ketua Dai Kamtibmas Klaten Syamsuddin Asrofi makin hangat ketika Prof DR Mahmud MD menyinggung isu khilafah yang disampaikan sangat bernas.

“Mempunyai negara adalah fitroh seperti dalam al qur’an dan al hadist menyebutnya dengan istilah al bilal, al mulk, al balad, as sulthon dan khilafah yang berarti  negara.  Dalilnya Allah menciptakan manusia dan jin untuk beribadah.  Kalau untuk beribadah itu susah dan membutuhkan negara, maka membentuk negara menjadi wajib. Itu adalah fatwa Hasyim Ashari dan Ahmad Dahlan dan ormas-ormas islam.  Tidak bisa beragama tanpa kekuasaan negara, sebalik bernegara tanpa agama maka sesat” kata Mahmud MD.

Terkait dengan sistim negara dalam al quran Mahfud MD menyebut tidak ada, yang ada adalah prinsip-prisip bernegara.  Tentang sistim negara yang dipilih itu diserahkan kepada manusia.

“Ijtihadlah untuk membentuk negara. Mau berbentuk republik, parlementer, kerajaan itu terserah manusia. Negara harus didirikan dalam prinsip agama dengan pemerintah yang adil menjaga keselamatan rakyat.  Sistim negara itu bisa berbeda-beda berdasarkan kebutuhan tempat, waktu, situasi sosial dan budaya. Indonesia itu adalah al khilafah al Indonesia, sehingga Indonesia itu sudah khilafah. Menurut Ahwal Basyir salah satu ulama tata negara islam,  Indonesia dengan pancasila sudah negara islam, karena beribadah sudah dijamin tidak ada yang melarang seperti berhijab, sholat, imam suara bagus dibayar negara sehingga Indonesia itu sudah negara islam. Islam itu tidak mengajarkan sistim tapi prinsip bernegara.  Sistim bernegara kita (Indonesia dengan pancasila) itu sudah oke” kata Mahfud MD(JepeHumas).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *