Sekolah Sungai Klaten Jadi Percontohan

ekonomi & pembangunan

Klaten(11/02/19)- Tak disangka pamor Sekolah Sungai Klaten terus mendunia. Sekolah Sungai Klaten yang dikepala Jaka Sawaldi sekaligus Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten kini menjadi percontohan dunia dalam pemuliaan sungai dengan basis kearifan lokal yakni semangat gotong-royong.

Prof Dr Suratman, MSc guru besar Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dalam acara Ngopi Merapi Bareng Bupati Klaten di Pendopo Joglo Rumah Dinas Bupati Klaten  (Jumat, 01/02/19) menyatakan, sekolah sungai dengan ciri khas gotong royong yang ada di Kabupaten Klaten dijadikan model sekolah sungai internasional.

“Sekolah sungai yang melibatkan seluruh stakeholder mulai dari pemerintah, masyarakat, relawan, dunia usaha dan kalangan pendidikan baru terjadi di Kabupaten Klaten. Kegiatan sekolah sungai ini saya sampaikan di acara simposium sungai internasional yang diadakan di Brisbane, Australia beberapa waktu lalu. Sekolah sungai pertama di Indonesia di Sungai Code Yogyakarta, namun sekolah sungai yang dikelola dengan spirit gotong royong tinggi adalah sekolah sungai di Klaten. Buktinya, sekolah sungai di Klaten saat ini gaungnya sampai diketahui Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) dan pemerintah pusat” kata Prof Suratman.

Sementara Bupati Klaten Sri Mulyani di acara Ngopi Merapi Bareng Bupati Klaten yang sudah digelar dua kali itu sangat mengapresiasi kinerja para relawan.

“Para relawan Klaten selama ini telah bertugas secara ikhlas dan tanpa pamrih. Pemerintah dan masyarakat sangat berterima kasih atas pengorbanan para relawan bencana. Maka pemerintah berencana akan membangun gedung Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Klaten pada tahun 2019 yang saat ini pada tahap  persiapan dan semoga bisa dibangun pada tahun 2020 bisa mulai proses pembangunan” ujar Bupati Sri Mulyani.

Hampir 200 relawan menghadiri acara  Ngopi Merapi Bareng Bupati Klaten di Pendopo Joglo Rumah Dinas Bupati Klaten  (Jumat, 01/02/19).  Selain dialog Bupati Klaten Sri Mulyani berkenan melepas Bambang Giyanto dari Kepala BPBD Klaten yang memasuki masa pensiun (JepeHumas).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *