Sarasehan HPN 2019:Pers Harus Menjaga Keutuhan NKRI

politik & pemerintahan

Klaten(20/02/19) – Pers mempunyai peran strategis untuk merawat NKRI dari ancaman perpecahan antar anak bangsa khususnya menghadapi tahun politik dengan hajatan pemilihan umum kepala desa, pemilu legislatif dan pemilu presiden/wakil presiden 2019 yang rentan konflik.

Pers sebagai sumber sekaligus penyebar informasi diharapkan memberikan berita-berita pencerahan, apalagi di tengah banjirnya informasi dari media sosial.  Dalam menyusun berita maka pers harus memegang kaidah dan aturan.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) cabang Surakarta Anas Sahirul di acara Sarasehan dalam rangka Peringatan Hari Pers Nasional Ke-34 dan Hari Ulang Tahun Radio Siaran Publik Daerah Ke-52 Tahun 2019 di Pendopo Setda Klaten (Senin, 18/02/19) menjelaskan pers harus memegang teguh etika jurnalistik. “Pers bekerja diikat oleh etika jurnalistik.  Maka penulisan sebuah berita harus obyektif, jujur dan berimbang.  Yang lebih penting pers harus mampu berperan sebagai pemersatu bangsa yakni menjaga keutuhan NKRI” ujar Anas.

Acara sarasehan yang dihadiri 300 pelajar, mahasisiwa, ASN, ormas, pendengar setia RSPD, dan insan pers juga menghadirkan narasumber lain yakni Pimpinan Redaksi Harian Solo Pos Suwarmin dan Kepala Biro Harian Kedaulatan Rakyat Sri Warsiti.

Pimpinan Redaksi Harian Solo Pos Suwarmin menjelaskan pers harus bisa menjadi solusi bagi permasalahan masyarakat.  Maka insan pers harus bebas dari intervensi kepentingan partai politik maupun kekuasaan alias imparsialitas. Sedangkan dari sisi penulisan, berita harus jujur dan adil dari sikap subyektifitas wartawan. Jangan sampai kebencian terhadap suatu kelompok menjadikan pers kehilangan sikap adilnya dalam kerja jurnalistik.

Sedangkan Kepala Biro Harian Kedaulatan Rakyat Sri Warsiti menekan agar pers harus bisa mendengar jeritan hati rakyat.  Pers harus peka melihat persoalan-persoalan masyarakat sehingga karya jurnalistik itu mampu mewarnai kebijakan publik ( Jepehumas).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *