Tidak Ada Rivalitas Abadi, Pemenang Pilkades Diminta Saling Mengunjungi

politik & pemerintahan

Klaten (14/03/19) – Polarisasi masyarakat akibat pilkades 2019 tidak dapat dipungkiri. Tapi untuk mewujudkan Kabupaten Klaten damai dan kondusif pasca pilkades serempak 13 Maret 2019, bagi calon terpilih dihimbau kebesaran hatinya untuk bersilaturakhim mengunjungi calon kepala desa yang kalah untuk meredam situasi di tengah masnyarakat.

Himbauan ini disampaikan Bupati Klaten Sri Mulyani disela-sela pemantauan kondisi menjelang pilkades ke Desa Pogung Cawas, Desa Trotok Wedi dan Desa Tanjung Juwiring kemarim   (Selasa 12/03/19).

“Seluruh masyarakat Klaten yang di desanya menggelar Pilkades untuk senantiasa menjaga kerukunan, persatuan dan kesatuan. Pilihan boleh beda namun agar tetap rukun. Selanjut bagi calon kades yang berhasil terpilih pada Pilkades serempak  (Rabu, 13 Maret 2019), sehari berikutnya  Kamis, 14 Maret 2019,  dengan disaksikan Palona, Babinsa dan Babinkamtibmas untuk mengunjungi dan bersilaturahmi ke rumahnya calon kades yang belum terpilih.  Dengan bersilaturahim  agar suasana persaudaraan antara calon kades terpilih dan yang belum berhasil tetap terjalin diikuti para dukungan” pesan Bupati Klaten Sri Mulyani.

Selain saling mengunjungi antar kandidat, seluruh calon kepala desa juga harus mematuhi kesepakatan atau deklarasi damai yang telah ditandatangani.

“Ada sepuluh butir  deklarasi damai  yang harus dipatuhi seluruh calon kepala desa yang bertarung dalam pilkades. Beberapa butir delarasi damai itu adalah kesanggupan para calon kepala desa berjanji dan siap mentaati dan patuh terhadap perundang-undangan yang berlaku,  menciptakan iklim kondusif menjelang pelaksanaan, pada saat pelaksanaan maupun setelah pelaksanaan Pilkades serentak, saling menghormati, tidak saling meghujat antar calon kepala desa sampai berkampanye pada hari yang telah ditentukan dengan tertib, tidak melakukan arak-arakan menggunakan kendaraan yang dapat mengangganggu ketertiban dan ketentraman umum “ kata  Joko Purwanto Kepala Badan Pemberdayaan masyarakat Desa Kabupaten Klaten.

Kali kedua Pemkab Klaten mengelar pilkades serentak gelombang kedua yang dilaksanakan Rabu 13 Maret 2019. Pilkades ini dikuti 798 calon kepala desa bersaing memperebutkan 269 kursi kepala desa yang kosong (Jepehumas).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *