Warga Rawan Bencana Desa Balerante Antri Mengikuti Program Digitalisasi Arsip

politik & pemerintahan

Klaten (08/04/19)- Ada kegiatan yang unik dilakukan para arsiparis Klaten di kaki Gunung Merapi. Dua arsiparis Klaten dibantu lima petugas teknis dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten membantu menyelamatkan dokumen penting milik warga dengan aktifitas alih media melalui program digitalisasi arsip di daerah rawan bencana  tepatnya di Desa Balerante, Kemalang, Klaten (Senin,8/4/19).

Warga Balerante yang terletak 5 km dari puncak Merapi pagi itu sudah berkumpul di rumah joglo milik Jainu salah satu perangkat desa setempat. Sejumlah warga Balerante lengkap dengan dokumen dan map berkumpul dan antusias mengikuti kegiatan penyelamatan arsip itu  didampingi Camat Kemalang Kusdiyono dan perangkat desa.  Dokumen itu meliputi sertifikat tanah, ijazah, Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB), kartu keluarga maupun KTP. Oleh petugas arsiparis itu satu per satu dokumen discan manual lalu disimpan di perangkat komputer dalam bentuk digital.

“Tadi teman-teman arsiparis dan dibantu lima  tenaga teknis sudah siap di rumah salah satu warga di Desa Balerante, Kemalang.  Kegiatan dimulai dengan melakukan scan dokumen penduduk Balerante seperti sertifikat tanah, ijazah, kartu keluarga maupun KTP mnggunakan perangkat komputer dan scanner. Ada sekitar 120 dokumen penting warga Merapi yang dialihmediakan” kata Sukmanawati salah satu arsiparis Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten saat mendampingi proses scan dokumen.

Sukmanawati menjelaskan kegiatan alih media dokumen ini dilakukan sebagai bagian mitigasi bencana. Sebab Desa Balerante, Kemalang termasuk daerah rawan bencana erupsi.  Kalau selama ini mitigasi bencana dilakukan untuk pengurangan potensi korban jiwa atau harta benda, Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten dengan tugas fungsinya membantu menyelamatkan dokumen penting penduduk dari resiko rusak atau musnah akibat erupsi Merapi.

Dengan kegiatan alih media ini, warga banyak mengambil manfaatnya minimal dokuemn penting warga bisa aman khususnya di daerah rawan bencana

“Desa  Balerante Kemalang Klaten adalah daerah rawan bencana, khususnya erupsi Merapi. Program digitalisasi ini bertujuan untuk penyelamatan arsip penduduk.  Setelah dialihmediakan, maka masyarakat bisa tenang karena dokumen penting warga ada cadangannya berbentuk softcopy tersimpan di Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten” kata Syahruna selaku Kepala  Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten saat dikonfirmasi (Rabu, 9/4/19) (Jepehumas).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *