Penyuluhan Karya Bakti Mandiri 2019 Menyasar Dua Desa

ekonomi & pembangunan

Klaten (11/04/19)- Kegiatan penyuluhan Karya Bakti Mandiri Klaten Bersinar 2019 terus berputar.  Bergerak dari desa ke desa, tim penyuluhan yang difasilitasi Bagian Humas Setda Klaten menyasar di dua desa, yakni desa Paseban dan Banyuripan, masih di wilayah Kecamatan Bayat Klaten.

Hari pertama penyuluhan Karya Bakti Mandiri Klaten Bersinar 2019 mengambil tema membangun pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar.  Dua narasumber yang dihadirkan petugas adalah Anton Subekhi seorang penguha sekaligus pemilik bengkel terkenal di Klaten yakni Anugerah Prima Motor di jalan By Pass Klaten dengan mengambil tema Membangun Jiwa Wirausaha Berangkat Dari Desa.  Sedangkan narasumber kedua adalah Suwandono sebagai pengelola Broadband Learning Center atau BLC Klaten yang menangkat tema mengembangkan Jejaring Usaha Berbasis Teknologi Informasi.  Penyuluhan menghadirikan 60 peserta yang terdiri dari 30 pelaku usaha lokal, 20 pemuda dan 10 ibu rumah tangga.

Sedangkan hari kedua, Rabu (10/04/19) penyuluhan  mengambil tema perlindungan anak bertempat di Desa Banyuripan .  Narasumber yang dihadirkan adalah Supardjo dari Binmas Polerkta Klaten Utara dan KH Purnomo Mutadlo dari MUI Klaten.

Penyuluhan Karya Bakti Mandiri Klaten Bersinar 2019 sendiri dibuka langsung Bupati Klaten Sri Mulyani (Selasa,2/4.19) bertempat di Lapangan Paseban Bayat Klaten diutamakan untuk membangun ekonomi rakyat.

“Kegiatan KBM 2019 merupakan kali kedua dilaksanakan Pemkab Klaten bekerjasama dengan Kodim 0723 Klaten sejak 2018.  Tahun lalu KBM bertempat di Desa Kaligayam, Wedi, Klaten.  Untuk kegiatan non fisik atau penyuluhan KBM tahun ini menekankan pemberdayaan ekonomi masyarakat dan perlindungan anak” kata Joko Priyono selaku Kepala Sub Bagian Pembinaan Informasi dan Publikasi Bagian Humas sekaligus kordinator penyuluhan KBM Klaten Bersinar.

Joko Priyono menjelaskan wilayah Kecamatan Bayat banyak potensi usaha.  Mulai batik, lurik, mebel, makanan olahan dan potensi wisata religi Sunan Pandanaran. Potensi ini digarap tidak saja bagaimana membangun jejaring promosi melalui media sosial, tapi membangun jiwa wirausaha yang jauh lebih penting.

Kegiatan Karya Bakti Mandiri Klaten Bersinar 2019 dibuka Bupati Klaten Sri Mulyani bersama Letkol Inf Eko setyawan selaku Komandan Kodim 0723 Klaten  (Selasa,2/4.19) bertempat di Lapangan Paseban Bayat Klaten.  Walaupun pembukaan Upacara Karya Bakti Mandiri Klaten Bersinar 2019 dilakukan di Paseban, namun pusat kegiatan dan lokasi bertempat di Desa Jarum, Bayat, Klaten (Jepehumas).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *