Menanti Di Pintu Sekolah, Bupati Klaten Mendoakan Anak-Anak Sukses Menghadapi Ujian Nasional

pendidikan

Klaten (23/04) – Bupati Klaten  Sri Mulyani melakukan sidak ke sejumlah sekolah meninjau pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah Berbasis Nasional (UASBN) tingkat SD dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP di Kabupaten Klaten pada hari pertama pelaksanaan Ujian (22/04) dibeberapa sekolah untuk memberikan semangat dan doa.

Pada pelaksanaan Ujian Nasional hari pertama, didampingi Asisten I Ronny Roekmito, pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten Sri Nugroho dan sejumlah pejabat, Bupati Klaten Sri Mulyani  mengunjungi sekolah di Kecamatan Ceper dan Karanganom. Adapun sekolah tersebut meliputi SDN Ceper 1, SDN Ceper 3,  SDN 1 Kunden Karanganom,  SMPN 1 Ceper, dan SMPN 1 Karanganom. 

Sebagai gambaran, di Kecamatan Ceper saja setidaknya terdapat 977 siswa SD/MI yang mengikuti USBN, terdiri dari 30 SD Negeri, 3 SD swasta, dan 9 MI. Pada SDN Ceper 1 terdapat 46 siswa dan SDN Ceper 3 sebanyak 24 siswa mengikuti ujian pada pagi ini.

Bupati Klaten, Hj Sri Mulyani ketika meninjau pelaksanaan UNBK di SMPN 1 Ceper menjelaskan secara teknis pelaksanaan UNBK ini tidak mengalami kendala, dikarenakan persiapan dan perlengkapan yang ada sudah baik.  Selain itu, Bupati meyakini para siswa yang mengikuti UNBK sudah dibekali secara lahir batin dengan motivasi, doa dan belajar dengan sungguh-sungguh.

“Kami serombongan melakukan sidak di SMPN 1 Ceper, tentunya saya tadi sudah sempat bicara dengan anak-anak yang sudah selesai UNBK sesi pertama, dan ujian berjalan dengan lancar ” terang Bupati Klaten.

Orang nomor satu di Klaten tersebut turut mendoakan agar para siswa memperoleh nilai yang bagus dan semua sesuai yang diharapkan, serta diberikan kesehatan untuk mengikuti ujian selama 4 hari kedepan. Bupati juga berpesan pada para siswa agar meminta doa restu kepada orang tua sebelum melaksanakan ujian. Kepada pihak sekolah, Sri Mulyani menitip pesan agar turut aktif mengawasi dan mengecek kondisi anak didik dalam menghadapi UNBK.

“Saya berpesan kepada Kepala Sekolah, Bpak/Ibu Guru, Pengawas agar  turut betul-betul mengawasi dan mengecek secara langsung para siswa agar siap lahir batin dalam menghadapi Ujian Nasional” pungkas Sri Mulyani.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten Sri Nugroho menyebutkan di Kabupaten Klaten setidaknya terdapat 65 SMP dan 704 SD/MI serta diperkirakan sekitar 18.833 siswa SMP dan  17.433 siswa SD di Kabupaten Klaten melaksanakan Ujian Nasional. Dalam pelaksanaan UNBK SMP di Klaten, terdapat sekitar 8 SMP yang digabung agar dapat terselenggara secara optimal.

Pada jenjang SMP, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) akan dilangsungkan selama 4 hari sampai dengan Kamis (25/4) mendatang. Sri Nugroho menyebutkan  sampai saat ini pelaksanaan ujian nasional di  Klaten masih berjalan lancar. Ia mengaku belum menerima laporan terkait adanya permasalahan.

Penulis : Banmbang

Editor : Joko Priyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *