Inilah 4 Sifat Manusia Yang Dijamin Tidak Akan Disentuh Api Neraka, Mau……?

sosial & budaya

Klaten (26/04) – Tidak ada kebahagiaan hakiki hidup manusia ketika kelak di alam akherat berjumpa dengan Allah SWT dipenuhi keridloan. Mimpi itu yang menjaga langkah manusia untuk selalu beribadah dan berbuat baik. Jangankan berbuat dosa, untuk meninggalkan syariat pun  hati akan begitu berat bahkan diiringi penyesalan yang mendalam jika berlaku salah. Maka perilaku manusia akan selalu dihiasi dengan sikap yang indah.

Inilah empat sifat manusia yang dikabarkan Nabi Muhammad SAW seperti  diriwayat Abdullah Ibnu Mas’ud sebagai perangai seorang muslim yang dijamin tidak akan tersentuh api neraka.

“Maukah kalian aku beritahu orang-orang yang tidak akan disentuh oleh api neraka atau orang yang tidak akan masuk ke dalam neraka, mereka adalah setiap orang yang memiliki sifat hayyin, layyin, qoribin, sahlin”.(HR. Tirmidzi)

Pertama: Sifat Hayyin (Rendah Hati)

Sifat Hayyin adalah orang yang memiliki sifat tenang dan berwibawa, baik pada sikap lahir maupun batinnya. Tidak labil atau tidak mudah tersulut emosi (ini karena kedalaman ilmunya tentang agama), tidak grusa-grusu dalam segala hal, dan senantiasa penuh pertimbangan. Tidak gampang mencaci, melaknat dan tidak gampang ngamuk hanya karena tersulut berita yang sampai padanya. Nikmat yang Allah SWT titipkan tidak lantas mendorongnya berlaku sombong.  Ilmu, pangkat, kekuasaan dan harta itu menjadi jalan kebaikan bagi dirinya untuk selalu berbuat baik.

Kedua: Sifat Layyin (Lemah Lembut)

Si Layyin itu adalah orang yang lembut dan penuh kasih sayang, baik dalam bertutur-kata atau pada perbuatannya.  Si Layyin itu tidak pernah berbuat kasar atau melakukan perbuatan semau gue, tidak suka marah-marah pada saudaranya muslim  tanpa alasan yang syar’i.  Sifat marah menjadi pintu dosa yang sengaja diciptakan iblis untuk menjebak manusia. Orang marah kata-katanya pasti kasar, tajam menyayat dan melukai.  Tak heran Rosulullah Muhammad sampai berpesan tiga kali untuk umatnya untuk tidak mudah marah. Laa tadlob, laa tadlob, laa tadlob.  Jangan marah. Jangan marah. Jangan marah, dan masuklah ke surga.

Ketiga: Sifat Qoribin (Mudah Bergaul)

Si Qaribin itu adalah orang yang mudah untuk diajak berteman, ia suka menyambung silaturahmi, mudah akrab dengan seseorang, ramah diajak bicara, menyenangkan bagi orang yang mengajak bicara. Biasanya murah senyum, jika bertemu dengan saudaranya muslim wajahnya berseri-seri dan enak dipandang, suka menebarkan salam baik kepada orang yang ia kenal atau pada orang yang belum ia kenal.

Keempat: Sifat Sahlin (Memudahkan Urusan Orang Lain)

Si Sahlin adalah orang yang suka mempermudah urusan orang lain, tidak suka mempersulit sesuatu. Si Sahlin ini selalu menawarkan solusi bagi setiap permasalahan. Tidak suka berbelit-belit, tidak menyusahkan dan membuat orang lain lari dan menghindar. Kebaikan yang dilakukan, sangat diyakini menjadi ikhtiar mendapat pertolongan, karena sungguh tidak ada kebaikan yang tertukar.

(Jepehumas).

Dipetik dari Kurma Nabi, Ikadi Klaten, 2019.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *