Pemkab Klaten Gelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

politik & pemerintahan

focusklaten.net – Bupati Klaten, Senin pagi, 20 Mei 2019 bertindak sebagai inspektur upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 tingkat Kabupaten Klaten yang diadakan di Alun-alun Klaten. Tema Harkitnas ke-111 tahun 2019 mengambil tema “Bangkit untuk Bersatu”.

Pada upacara Harkitnas ke-111 tahun 2019, Bupati Klaten Sri Mulyani membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara. Dalam sambutannya antara lain dikatakan, dalam naskah Sumpah Palapa yang ditemukan pada Kitab Pararaton tertulis: Sira Gajah Mada patih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira Gajah Mada: “Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Tañjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa”. Memang ada banyak versi tafsiran atas teks tersebut, terutama tentang apa yang dimaksud dengan “Amukti Palapa”.

Dijelaskan, meski sampai saat ini masih belum diperoleh pengetahuan yang pasti, umumnya para ahli sepakat bahwa amukti palapa berarti sesuatu yang berkaitan dengan laku prihatin sang Maha patih Gajah Mada. Artinya, ia tak akan menghentikan mati raga atau puasanya sebelum mempersatukan Nusantara. Sumpah Palapa tersebut merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia.

Ditegaskan, wilayah Nusantara yang disatukan oleh Gajah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan nasional   untuk mengikat wilayah Indonesia seperti yang secara de jure terwujud dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111, 20 Mei 2019, kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *