Menikmati Keindahan Candi Sambil Berselfi

wisata

KLATEN  –  Bupati Klaten Sri Mulyani melepas 1.500 peserta sepeda wisata di ajang Tour De Temple 2019 (Ahad, 23/06). Acara yang digelar  di Komplek Obyek Wisata Candi Sojiwan, Kebondalem Kidul, Prambanan, Klaten  itu dimaksudkan untuk mempromosikan wisata candi yang ada di Kabupaten Klaten sebagai bagian destinasi wisata.

Peserta sepeda wisata  yang juga diikuti komunitas sepeda dari Klaten, Sleman dan Yogyakarta ini sudah datang memadati lapangan di Candi Sojiwan sejak pagi.   Waktu menunggu dimulainya start, dimanfaatkan para peserta untuk berselfi berlatar Candi Sojiwan.  Udara pagi yang sejuk dan sinar mentari yang cerah menambah keindahan Candi.

“Acara  Tour De Temple 2019 ini untuk mempromosikan candi-candi di Klaten. Nanti wisatawan tidak saja mengenal Candi Prambanan atau Candi Borobudur, tapi ada juga Candi Sojiwan, Candi Plaosan, Candi Sewu yang ada di Kabupaten Klaten” tutur Bupati Sri Mulyani.

Bupati Klaten Sri Mulyani menambahkan di acara Tour De Temple 2019 juga dibarengkan dengan festival desa wisata selama dua hari di komplek Candi Prambanan setelah finish.  Selain mengikuti sepeda wisata, peserta bisa mengunjungi industri kreatif serta kesenian daerah yang ada di desa.  Diharapkan para peserta bisa membawa pengalaman ini untuk diceritakan ke daerah asal sebagai learning experience.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Klaten Pantoro menjelaskan ajang Tour De Temple 2019 juga dimaksudkan untuk membangun rintisan desa wisata.

“Di Klaten saat ini tumbuh berkembang banyak desa wisata. Pengelolaan desa wisata harus seungguh-sungguh, tentunya harus banyak belajar dengan mengikuti perkembangan teknologi informasi” tuturnya.

Pantoro menambahkan acara Tour De Temple 2019 ini dengan peserta komunitas sepeda Klaten dan Yogyakarta untuk mengenal lebih dekat obyek wisata candi dan produk unggulan desa wisata di  festival desa wisata. Sepeda wisata tahun ini diikuti 1.500 peserta dengan jarak tempuh 12 km.  Yang menarik kata Pantoro, di ajang Tour De Temple 2019 ada peserta menggunakan sepeda kayu sehingga banyak menjadi perhatian masyarakat untuk berselfi selain foto candi. (Jepri-Kominfo).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *