Kementerian Kominfo Gelar Forum Sosialisasi Genbest Untuk Penurunan Prevalensi Stunting di Klaten

kesehatan

focusklaten.net – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Direktorat Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan selaku koordinator bekerja sama dengan Dinas Kominfo Kabupaten Klaten menggelar kampanye nasional penurunan prevalensi stunting, Selasa (02/07) menyelenggarakan Forum Sosialisasi Generasi Bersih dan Sehat (Genbest) di Hotel Galuh Prambanan, Kabupaten Klaten.  Acara tersebut diikuti sekitar 300 peserta baik pelajar, mahasiswa, kepala desa serta tokoh masyarakat Klaten.

Genbest merupakan inisiasi Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat serta bebas stunting. Melalui gerakan tersebut, masyarakat, khususnya generasi muda, diharapkan mampu menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun Kabupaten Klaten merupakan satu dari 60 kabupaten/kota prioritas stunting pada 2019. Di Kabupaten Klaten ini yang mencakup sepuluh desa prioritas yaitu Sanggarahan, Randusari, Titang, Sumyang, Granting, Ngaren, Butuhan, Keprabon, Tibayan, dan Gemblengan, sosialisasi diikuti para peserta yang mayoritas para remaja putri.

Pasalnya, para remaja inilah yang di masa depan akan menjadi orang tua dan melahirkan generasi-generasi mendatang. Oleh karena itu, pengetahuan dan pemahaman yang cukup bagi generasi muda mengenai menjadi kunci keberhasilan kampanye penurunan prevalensi stunting.

“Pencegahan stunting harus dilakukan sedini mungkin, bahkan sejak calon ibu masih remaja. Oleh karena itu, diperlukan peran aktif masyarakat untuk mengubah perilaku dan menerapkan gaya hidup bersih dan sehat di lingkungannya agar melahirkan generasi mendatang yang terbebas dari masalah stunting. Untuk itu, Kominfo terus berkomitmen bahwa penyediaan informasi terkait isu stunting ini harus mudah diakses dan dipahami masyarakat. Salah satunya melalui Forum GenBest ini,” ujar Kepala Sub Direktorat Informasi dan Komunikasi Sosial, Direktorat Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Sarjono, dalam Forum Sosialisasi Genbest di Klaten.

Tak hanya melalui Forum Sosialisasi Genbest, informasi lebih lanjut seputar stunting, kesehatan, nutrisi, tumbuh kembang anak juga dapat diakses melalui situs genbest.id dan media sosial @genbestid serta @infokompmk. Aplikasi android ‘Anak Sehat’ juga bisa diunduh dan digunakan oleh masyarakat sebagai alat pantau digital tumbuh kembang anak.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *