Ratusan Kader PKK Ngopi Merapi Bersama Bupati Klaten

politik & pemerintahan

focusklaten.net – Ratusan kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Klaten, Jumat, 5 Juli 2019 mengikuti acara ngopi bareng Bupati Klaten Hj Sri Mulyani di Rumah Dinas Bupati Klaten. Pada acara itu rombongan PKK Klaten dipimpin Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Klaten Ny Atik Jaka Sawaldi yang juga isteri Sekda Klaten Drs H Jaka Sawaldi MM.
Ngopi Merapi Bersama Bupati didukung dua barista ahli meracik kopi dari Lereng Merapi masing-masing Rian Hilal Ramadhan dan Dono Nugroho. Sedangkan kopi yang disuguhkan ada dua jenis yakni Kopi Robusta dan Kopi Arabica dari Kopi Jeep produksi Dwi “Bakar” Murwanto staf Bagian Humas Pemkab Klaten.
Tampak mendampingi Bupati Klaten pada acara tersebut antara lain Sekda Klaten Drs H Jaka Sawaldi MM, Asisten I Sekda Klaten dr Rony Roekmito, MKes, Asisten II Sekda Klaten Drs H Purwanto AC MSi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Klaten H Joko Purwanto SSos MM dan Kabag Humas H Wahyudi Martono SSos MM. Rombongan PKK yang hadir antara lain pengurus TP PKK Kabupaten Klaten,pengurus TP PKK Kecamagtan se Klaten dan Ketua TP PKK Desa/Kelurahan se Klaten.
Ketua TP PKK Kabupaten Klaten, Ny Atik Jaka Sawaldi dalam sambutannya mengatakan, penguatan gerakan PKK semakin mendapat pengakuan dari pemerintah seiring dengan terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 99 Tahun 2017 yang ditetapkan pada 1 November 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga. Kegiatan PKK disusun berkoordinasi dengan pemerintah sesuai dengan tingkatannya dan bertanggungjawab kepada presiden.
Menurut Ny Atik Jaka Sawaldi, ngopi bersama antara kader PKK Kabupaten Klaten dengan Bupati Klaten Hj Sri Mulyani sebagai forum koordinasi dengan Bupati selaku Ketua Pembina TP PKK Klaten serta koordinasi dengan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rangka penguatan gerakan PKK di Klaten. Pada kesempatan tersebut Ny Atik Jaka Sawaldi menegaskan komitmen kader PKK Klaten kepada Bupati Klaten serta siap mendukung program Bupati Klaten mewujudkan visi Kabupaten Klaten maju mandiri dan berdaya saing.
Pada kesempatan tersebut, Ny Atik Jaka Sawaldi menyatakan, dalam rangka menyongsong Hari Jadi ke-215 Kabupaten Klaten dan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, TP PKK Klaten memprogramkan pungut sampah setiap hari Jumat selama dua bulan pada bulan Juli dan Agustus 2019. Ny Atik Jaka Sawaldi juga menyampaikan permintaan kepada Bupati Klaten untuk mendukung kegiatan TP PKK Klaten maka Kantor TP PKK Klaten agar ditambah tenaga yang bertugas di sekretariatan.
Sementara itu Bupati Klaten Hj Sri Mulyani mengucapkan terimakasih kepada seluruh kader PKK Kabupaten Klaten yang telah banyak berkontribusi untuk menyukseskan berbagai program pembangunan di Kabupaten Klaten. Pada kesempatan tersebut Bupati Klaten Hj Sri Mulyani juga menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin kepada seluruh kader PKK di Kabupaten Klaten.
Pemkab Klaten, kata Hj Sri Mulyani, mengapresiasi kepada seluruh kader PKK yang telah memberikan andil besar dalam program pembangunan di Kabupaten Klaten. Pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kabupaten Klaten tahun 2019 setiap desa dan kelurahan mendapat Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Rp 50 juta perinciannya antara lain Rp 15 juta untuk koordinasi penanggulangan kemiskinan, Rp 10 juta untuk karang taruna, Rp 10 juta untuk penguatan PKK dan sisanya untuk kegiatan pembangunan lainnya.
Tentang usulan tenaga kesekretariatan di kantor PKK, kata Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, pengadaannya akan dilakukan di Bagian Umum Setda Klaten. Pemkab Klaten juga mengapresiasi kegiatan pungut sampah setiap hari Jumat dan diharapkan bisa dilakukan secara terus menerus dalam rangka mendukung program Pemkab Klaten meraih Piala Adipura dalam bidang kebersihan kota.
Pada kesempatan tersebut, Bupati Hj Sri Mulyani juga mengatakan, bahwa Pemkab Klaten pada Kamis, 27 Juni 2019 telah mengikuti sidang pelepasan varietas rojolele baru hasil kerjasama riset Badan Tenaga Nuklir (Batan) dengan Pemerintah Kabupaten Klaten. Akhirnya Kementrian Pertanian merekomendasi pelepasan dua varietas rojolele baru yakni A.10 diberi nama Padi Rojolele Srinuk atau Inovasi Nuklir Klaten dan A.82.1 diberi nama Padi Rojolele Srinar atau Klaten Bersinar. Acara PKK ngopi Merapi bersama Bupati Klaten diakhiri dengan foto bersama dan selesai pukul 11.15 WIB. (jurn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *