Ratusan Napi Lapas Klaten Terima Remisi Pada HUT RI

hukum & kriminal

focusklaten.net – Sebanyak 174 narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Klaten menerima remisi pada moment Hari Kemerdekaan ke-74, Sabtu (17/08). Dari jumlah itu, empat napi dinyatakan langsung bebas.

Berdasarkan data yang diperoleh, adapun remisi yang diberikan terdiri pengurangan masa tahanan 1 bulan 74 orang, 2 bulan ada 39 orang, 3 bulan ada 43 orang, 4 bulan 11 orang, 5 bulan ada 6 orang, 6 bulan ada 1 orang. Sementara empat napi bebas pada hari ini.

Plt Kepala Lapas Kelas II B Klaten, Eko Bekti Susanto mengatakan penyerahan remisi berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan HAM No. PAS-967.PK.01.01.02 tahun 2019 tentang remisi utama. Adapun ketentuannya adalah napi yang telah berkelakuan baik selama menjalani hukuman.

Tahun ini dalam peringatan kemerdekaan ada 174 napi yang mendapat remisi. Penyerahan remisi dilakukan oleh Bupati Klaten, kata dia usai menyerahkan remisi, Sabtu siang.

Disampaikan, empat napi yang mendapat remisi dua diantaranya terlibat kasus kecelakaan lalulintas dan penyalahgunaan narkotika. Usai pelaksanaan penyerahan remisi secara simbolis, mereka akan langsung menghirup udara segar dan kembali ke keluarganya.

Dirinya meminta kepada para napi yang bebas agar tetap menjalani kehidupan baik di tengah masyarakat seperti di dalam lapas. Mulai dari rajin beribadah, dan mengembangkan potensi usaha. Pasalnya, selama di tahanan mereka sudah dibekali ilmu wirausaha.

Jumlah penghuni lapas kita saat ini ada 309 orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *