Masyarakat Rebutan 5.000 Legondo

sosial & budaya wisata

focusklaten.net – menyambut Tahun Baru Islam 1441 Hijriah ini digelar Kirab Gunungan Legondo di Dusun Sepi, Desa Barepan, Kecamatan Cawas, Sabtu siang (31/8). Puncak pelaksanaan kirab, peserta memanggul lima gunungan. Berisi 5.000 ikat legondo. Kue tradisional yang terbuat dari beras ketan putih dan santan. Peserta kirab wajib mengenakan busana adat Jawa, mengelilingi kampung setempat. Tradisi turun-temurun itu digadang bupati sebagai ikon baru Klaten.

Bupati berharap tradisi ini mampu menyedot wisatawan dari berbagai daerah, menyambut Tahun Baru Islam. Hadirnya wisatawan bakal berdampak pada perekonomian warga sekitarnya. Mulai dari pengelolaan parkir hingga penjualan legondo sebagai kuliner khas.

“Kirab legondo ini nguri-uri kebudayaan peninggalan Sultan Agung III yang ingin memperluas ajaran Islam. Kenapa diperingati malam 1 Suro di Dusun Sepi. Menurut cerita pendahulu, terdapat petilasan Sunan Kalijaga yang dibanjiri peziarah,” jelas Kepala Desa (Kades) Barepan Irmawan Andriyanto.

Tiap malam 1 Suro memang banyak warga yang mengunjungi petilasan Sunan Kalijaga. Berupa batu yang diyakini jadi alas saat menuaikan salat Subuh di tengah sungai. Tradisi tersebut masih berjalan hingga sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *