Candi Plaosan Masuk 10 Besar Nominasi Situs Sejarah Terpopuler

wisata

focusklaten.net – Objek wisata Candi Plaosan di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan masuk 10 besar nomine situs sejarah terpopuler. Pada Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2019. Bersaing dengan sembilan situs lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sudah dua tahun ini sejumlah destinasi wisata di Klaten ambil bagian dalam API Award. Tahun lalu, diusulkan Umbul Ponggok. Sempat lolos dan masuk nomine destinasi baru terpopuler.

“Sayangnya belum terpilih. Tetapi tahun ini kami ajukan Candi Plaosan,” kata Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan dan Pengembangan Daya Tarik Sarana Wisata Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Klaten Ahmad Susanto, kemarin (2/9).

Sejatinya tak hanya Candi Plaosan saja yang diajukan. Mengingat ada 18 kategori. Salah satunya Pasar Legen yang hanya dibuka saat pasaran Legi (penanggalan Jawa) di Lapangan Bonyokan, Kecamatan Jatinom. Namun, hanya Candi Plaosan saja yang lolos nomine.

Disparbudpora meminta masyarakat di Klaten mendukung agar Candi Plaosan masuk situs sejarah terpopuler. Caranya, memberikan vote seusai kanal yang telah disediakan. “Salah satunya lewat aplikasi PrajaTV yang bisa diunduh di PlayStore secara gratis. Warga bisa vote setiap hari, maksimal 18 kali hingga 31 Oktober,” urai Ahmad.

Sejauh ini, sosialisasi gencar dilakukan disparbudpora. Agar Candi Plaosan terpilih sebagai situs sejarah terpopuler versi API Award 2019. Termasuk menggandeng berbagai sekolah agar para pelajar ikut andil menyumbang vote.

Kunjungan ke Candi Plaosan tidak bisa dilepaskan dari pemandangan indah saat sunrise maupun sunset. Tak heran objek wisata candi Budha ini jadi buruan fotografer. Sering kali digunakan untuk prewedding karena lokasinya yang Instagramable.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *