Bupati Klaten Buka Acara Jambore Relawan se-Kabupaten Klaten

ekonomi & pembangunan

focusklaten.net – Jambore Relawan Kabupaten Klaten tahun 2019 kembali diselenggarakan di Shelter Pengungsian Kebon Ndalem Lor, Kec. Prambanan. Kegiatan ini memiliki tema “Peran Relawan Desa dalam Penanggulangan Bencana” dengan memiliki maksud bahwa betapa pentingnya relawan desa mengingat Kabupaten Klaten merupakan daerah yang rawan bencana. Jambore  diikuti oleh 600 orang perwakilan relawan desa yang ada di Kabupaten Klaten. (19/9)

Dalam laporannya, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Klaten menyampaikan pentingnya relawan desa bagi Kabupaten Klaten. Dari data yang ada Kabupaten Klaten merupakan wilayah rawan bencana peringkat ke-4 se Provinsi Jawa Tengah. Sehingga perlunya penanggulangan yang cepat dan tanggap. Selain itu, Ketua BPBD juga menyampaikan bahwa BPBD sekarang telah memiliki ULD (unit layanan desabilitas) yang diprakarsai oleh rekan-rekan relawan di Kabupaten Klaten. ULD BPBD Kabupaten Klaten ini digadang-gadang menjadi ULD pertama kali yang dibentuk di Indonesia. ULD ini juga sudah menjadi narasumber di beberapa daerah seperti; Kodya Solo, Flores Timur, Manggarai Barat, NTB dan sebagainya. Selain itu, BPBD juga masih memiliki program lainnya yaitu Perlindungan Kesehatan Relawan. Program ini ditujukan untuk para relawan mengingat seringnya para relawan terjun ke lokasi-lokasi bencana.

Sedangkan dalam acara tersebut, Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengapresiasi kinerja seluruh relawan yang tangguh dan sigap 24 jam. Selain itu Bupati Klaten juga menghimbau agar selalu sigap dan waspada kepada relawan dan masyarakat apabila terjadi hal-hal yang dapat membahayakan warga. (Shofia Indah Novitasari, Manajemen Komunikasi STMM MMTC Yogyakarta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *