Ratusan Penyuluh Pertanian Mengikuti Penyuluhan Bersama Bupati Klaten

pertanian

focusklaten.net – Penyuluhan Kelompok Tani tahun 2019 kali ini memiliki tema ‘’Penguatan Kelompok Tani untuk Mewujudkan Kesejahteraan Petani di Kabupaten Klaten’’ yang diselenggarakan di Gedung Sunan Pandanaran, Klaten, Rabu (25/9). Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) yang bertujuan untuk peningkatan kapasitas penyuluh pertanian dan perkebunan di Kabupaten Klaten.

Dalam acara tersebut Bupati Klaten, Hj. Sri Mulyani, memberikan penyuluhan kepada ratusan penyuluh pertanian, kelompok tani, dan elemen terkait dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Klaten. Mengingat Klaten merupakan salah satu lumbung pangan nasional.

Bupati Klaten menyerahkan bantuan pertanian yang terdiri atas 22 unit kendaraan roda 3 untuk kelompok tani dan 11 unit alat pengolah lahan untuk kelompok tani. Selain itu, bantuan yang diserahkan berupa bantuan pupuk dan bibit tanaman untuk 5 kelompok tani, bantuan jaringan irigasi untuk 18 desa, bantuan sarana penangkap ikan untuk 3 kelompok nelayan di Desa Krakitan, Bayat, penyerahan klaim asuransi pertanian dan penerimaan kredit usaha rakyat.

Dalam kesempatan ini, Bupati Klaten juga menyampaikan bahwa beberapa tahun terakhir Kabupaten Klaten yang bekerja sama dengan BATAN telah menghasilkan dua varietas padi rojolele yang diberi nama Srinuk dan Srinar. Diharapakan dengan adanya varietas unggul ini dapat menjadi komoditas unggulan di Kabupaten Klaten kedepannya.

“Keberhasilan dari proses penyuluhan ini juga harus didukung oleh kelembagaan penyuluh yang kuat, ketenagaan yang tangguh, sarana dan prasarana yang memadai dan sistem penyuluhan yang handal. Namun Kabupaten Klaten butuh 298 penyuluh pertanian,” tambah Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Klaten, Widiyanti. (Shofia Indah Novitasari, Manajemen Komunikasi STMM MMTC Yogyakarta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *